KawalPemilu Umumkan Prabowo-Gibran Menang Pilpres 2024 Satu Putaran: Tak Ada Indikasi Kecurangan

KawalPemilu Umumkan Prabowo-Gibran Menang Pilpres 2024 Satu Putaran: Tak Ada Indikasi Kecurangan

Kampanye Akbar terakhir Prabowo Gibran yang dilaksanakan di Gelora Bung Karno, Sabtu (10/2/2024)--

FIN.CO.ID- Kawal Pemilu atau KawalPemilu telah umumkan hasik Real Count Pemilihan Presiden 2024 pada 14 Februari 2024 lalu. 

Meskipun masih tersisa 17 persen data yang masuk, namun Kawal Pemilu telah umumkan pasangan calon Presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto-Ganjar Pranowo sebagai pemenang satu putaran. 

"Dengan hasil penghitungan suara REAL COUNT KawalPemilu 2024 masih tersisa 17.3% cakupan TPS. Namun secara data, tidak akan mengubah hasil penghitungan sementara.  Oleh karena itu kami mengucapkan selamat kepada Paslon 02 yang menang satu putaran >50% pada Pilpres 2024," tulis Kawal Pemilu melakui akun media sosialnya, dikutip pada Rabu 13 Maret 2024. 

Selain itu, Kawal Pemilu juga mengaku tidak menemukan dugaan kecurangan yang sistematis seperti yang dipersoalkan sejumlah pihak. 

BACA JUGA:

"Dari penelitian ini, kami tidak menemukan indikasi kecurangan pasca pencoblosan Pilpres yang terstruktur dan sistematis sehingga menguntungkan salah satu paslon," tulisnya. 

Kawal Pemilu juga mencatat pemilu 2024 sebagai pemilu terburuk, sebab penyelesaian perhitungan data yang masuk lebih sedikit dibanding dengan Pilpres 2019.

"Walaupun kami sebut tahun ini adalah tahun terburuk dalam cakupan TPS, namun kami ingin angkat topi dan apresiasi seluruh masyarakat yang telah mengirim foto langsung dari TPS," katanya.

KawalPemilu.org adalah situs yang digagas oleh Ainun Najib yang memuat tabulasi dari hasil rekapitulasi data scan dari formulir C1 untuk Pemilihan presiden Indonesia 2014 yang didapatkan dari situs web KPU.go.id. Data tabulasi tersebut diunggah dan diperbarui pada server KawalPemilu.org setiap sekitar sepuluh menit.

BACA JUGA:

Dilansir dari situs Kawal Pemilu pada Rabu 13 Maret 2024 pukul 11.00 WIB, perolehan suara capres nomor urut 01 Anies Bawedan-Muhaimin Iskandar mendapat 25.04 persen suara. 

Kemudian, capres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka peroleh 58.45 persen suara. Kemudian pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD peroleh 16.50 persen suara. Suara yang masuk saat ini telah capai 82.43 peresen. (*)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: