Masjid Istiqlal Siapkan Puluhan Program Selama Ramadan

Masjid Istiqlal Siapkan Puluhan Program Selama Ramadan

Sejumlah jemaah tampak berada di halaman Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat.-FIN/Antara-

FIN.CO.ID - Pengelola Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, telah melakukan sejumlah persiapan untuk menyambut bulan suci Ramadan. Bahkan, sekitar 22 program yang akan dilakukan selama Ramadan juga sudah disusun.

Demikian disampaikan oleh Ketua Harian Badan Pengelola Masjid Istiqlal (BPMI) Ismail Chawidu saat ditemui FIN.CO.ID, Group Disway di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Minggu 10 Maret 2024.

"Ada 22 program yang akan dikerjakan selama bulan suci Ramadan, dimulai dari program peribadatan, peribadatan itu mengatur bagaimana penyelenggaraan peribadatan kemudian mengatur Salat Tarawih, penceramah, Salat Subuh penceramah terus berjalan sampai satu bulan penuh itu sudah dipersiapkan semua. Penceramahnya sudah terjadwal semua," terangnya.

BACA JUGA:

Bahkan, kata dia, Masjid Istiqlal sudah dibersihkan secara keseluruhan untuk menyambut bulan suci Ramadan.

"Kemudian kita juga sudah ngecek diseluruh persiapan misalnya kebutuhan air, memastikan listrik semua akan mencukupi kemudian semua peralatan pelayanan baik itu untuk wudhu, toilet itu sudah kita persiapkan semua," tuturnya.

Lebih lanjut, Ismail mengatakan, Masjid Istiqlal juga mengadakan buka puasa bersama untuk seluruh jemaah. Namun, lanjutnya, jumlah takjil yang tersedia tak selalu sama setiap harinya.

"Kita sudah merencanakan dari hari Senin-Kamis kita menyediakan kurang lebih 4 ribu boks untuk 4 ribu jemaah setiap hari Senin-Kamis. Namun untuk Jumat-Minggu kita tingkatkan jadi 6 ribu boks per hari," terangnya.

Mantan juru bicara Kominfo ini menjelaskan, takjil pada akhir pekan ditambahkan karena adanya peningkatan jumlah jemaah.

"Karena pada hari itu memang jumlah pengunjung dari berbagai daerah. Jadi pengunjung ke sini selama bulan Ramadan bukan hanya dari Jakarta tapi dari berbagai seluruh daerah Indonesia. Dari seluruh Indonesia ke sini berbuka puasa itu 6 ribu orang kalau hari pertama," imbuhnya.

Dosen UIN Syarief Hidayatullah ini mengatakan, nantinya Masjid Istiqlal akan mengadakan program Istiqlal Beritikaf.

Nantinya, program tersebut mulai dijalankan pada 10 hari terakhir pada Bulan Suci Ramadan. Pada 10 hari terakhir tersebut, pengurus Masjid Istiqlal akan menyediakan makan sahur bagi para jamaah dengan jumlah 2.500 porsi.

"Kita menyediakan makan sahur juga 2.500 untuk 10 hari terakhir untuk jamaah di sini," pungkasnya.

Guna mengantisipasi terjadinya masalah kesehatan, kata Ismail, pengurus Masjid Istiqlal ini juga menyediakan petugas pelayanan kesehatan yang akan stand by selama 24 jam.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Mihardi

Tentang Penulis

Sumber: