News

Masjid Istiqlal Siapkan 6 Ribuan Takjil untuk Buka Puasa Bersama Setiap Hari Selama Ramadan

fin.co.id - 10/03/2024, 11:05 WIB

Buka puasa di Masjid Istiqlal

FIN.CO.ID- Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, bakal mengadakan 22 program yang akan dilaksanakan pada bulan Ramadhan 2024. Salah satu programnya yaitu buka puasa bersama. 

Ketua Harian Badan Pengelola Masjid Istiqlal (BPMI), Ismail Chawidu mengatakan pengurus Masjid Istiqlal telah menyiapkan takjil selama bulan Ramadan.

Nantinya, pada Senin-Kamis akan ada 4 Ribu box yang disiapkan selama bulan Ramadhan 2024. Sementara itu pada Jumat-Minggu, panitia Masjid Istiqlal telah menargetkan 6 Ribu Box setiap harinya.

BACA JUGA:

"Kita sudah merencanakan dari hari Senin-Kamis kita menyediakan kurang lebih 4 ribu boks untuk 4 Ribu jamaah setiap hari Senin-Kamis. Namun untuk Jumat-Minggu kita tingkatkan jadi 6 Ribu boks per hari," kata Ismail kepada Disway.id di Masjid Istiqlal, Minggu, 10 Maret 2024.

Ismail menjelaskan penyediaan konsumsi bagi jemaah di Masjid Istiqlal ini melalui catering bukan volunteer dapur umum.

"Bukan (volunter), karena kalau kita makai volunter itu agak lambat ya kemudian capeknya luar biasa yang ada kita kembalikan lagi masyarakat untuk kita minta mereka untuk menyediakan," ungkapnya.

Dosen UIN Syarief Hidayatullah Jakarta ini menjelaskan pihaknya tak membuka dapur umum yaitu karena untuk menghindari terjadinya keterlambatan dalam pengiriman takjil. 

BACA JUGA:

"Karena untuk jumlah segitu ga mungkin kalau dapur umum begitu. kita pastikan setiap hari makanan 4-6 Ribu itu jam 4 udh stand by di istiqlal. Karena jamaah jam 4 udh pada datang. jadi kita bagikan sampe berbuka bersama," imbuhnya.

Ismail menjelaskan nantinya akan ada solawat-solawat yang akan dibacakan untuk mengantarkan buka puasa bersama.

"(Jamaah) udah pada berdatangan langsung kita arahkan lantai 2 diatas itu sudah ada tempat untuk dipisahkan laki-laki dengan perempuan lalu kita ada semacam solawat, untuk mengantar kita berbuka," tukasnya.

Ismail menjelaskan buka puasa bersama di Masjid Istiqlal ini tak hanya diikuti oleh masyarakat umum saja. Melainkan juga terdapat sejumlah pejabat yang akan datang untuk ikut berbuka puasa bersama.

"Ya betul (ada beberapa pejabat buka puasa bersama), misalnya sudah ada beberapa yg sudah meminta waktu misal pak gubernur di hari pertama dan kedua beliau sudah menjadwalkan untuk hadir disini," tutupnya. (*) 

(Anisha Aprilia) 

Afdal Namakule
Penulis
-->