Tebar Benih Ikan, Brantas Abipraya Sebarkan Semangat Rawat dan Jaga Ekosistem di Waduk Brigif

Tebar Benih Ikan, Brantas Abipraya Sebarkan Semangat Rawat dan Jaga Ekosistem di Waduk Brigif

PT Brantas Abipraya (Persero) menunjukkan kontribusinya dalam merawat dan mencintai lingkungan lewat program TJSL.-FIN/Dok PT Brantas Abipraya-

FIN.CO.ID - Tak hanya terus berfokus membangun negeri lewat karya infrastruktur yang unggul, PT Brantas Abipraya (Persero) juga menunjukkan kontribusinya dalam merawat dan mencintai lingkungan lewat program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL). Hal ini dibuktikan dengan kegiatan menebar benih ikan di proyek pembangunan Waduk Brigif yang telah tuntas dikerjakan oleh Brantas Abipraya.

“Kegiatan ini merupakan Upaya kami, Brantas Abipraya dalam meningkatkan ekologi untuk menyempurnakan kondisi ekologis di lingkungan Pembangunan Waduk Brigif ini. Adapun benih ikan yang ditebar diantaranya adalah Ikan Nilem, Ikan Gurame dan Ikan Tawes,” ujar Direktur SDM dan Umum Brantas Abipraya Tumpang Muhammad dalam keterangannya, Selasa 27 Februari 2024.

BACA JUGA:

Ditambahkan Tumpang, kegiatan ini juga merupakan wujud keseriusan Brantas Abipraya sebagai salah satu BUMN konstruksi milik negara yang selalu ada untuk Indonesia. Lewat Program TJSL, khususnya pada Pilar Pembangunan Lingkungan, Brantas Abipraya akan terus berkontribusi penuh memberikan manfaat positif untuk Masyarakat dan lingkungan.

Menurutnya juga, kegiatan ini sangatlah penting dilakukan untuk pelestarian waduk dan pemanfaatannya ke depan. Hal ini juga nantinya diharapkan dapat turut meningkatkan perekonomian Masyarakat. Tumpang juga menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada Dinas Sumber Daya Air (SDA) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Dinas Kelautan, Pertanian, dan Ketahanan Pangan Jakarta Selatan yang juga turut mensukseskan kegiatan ini. 

“Semoga kolaborasi ini akan mempererat silaturahmi yang baik dan atas dukungan serta kerjasama yang telah terjalin ini dapat memberikan kontribusi dalam upaya pelestarian lingkungan, juga ekosistem ikan air tawar,” imbuh Tumpang.


--

Sebagai tambahan informasi, keseriusan Brantas Abipraya ini dalam implementasi program TJSL khususnya pada pilar pembangunan lingkungan yakni Abipraya Peduli Lingkungan juga terlihat dari beberapa kegiatan lainnya. Salah satu yang dilakukan perusahaan konstruksi ini adalah dengan melakukan penghijauan kawasan bendungan yang sedang digarap, seperti penghijauan di proyek PLTM Padang Guci 1 dan 2 di Bengkulu juga di greenbelt Waduk Tukul Pacitan dan Bendungan Ciawi yaitu penghijauan hulu sungai Ciliwung dan Cisadane.  

Abipraya Peduli Lingkungan juga memiliki program penanaman pohon sengon sebanyak 12.500 pohon di desa Babakan Madang, Sentul, Bogor, Jawa Barat. Abipraya juga menanam 800 pohon buah yang terdiri dari durian, mangga, dan pinus di area Proyek PLTM Padang Guci 1 dan 2. Penanaman ini pun langsung bermitra dengan masyarakat lokal dengan pola tumpang sari dengan tanaman sayuran di bawah tegakan pohon buah dan pelindung tersebut.

Sebelumnya pun Brantas Abipraya berkolaborasi bersama tujuh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Karya lainnya menanam 100.000 bibit bakau atau mangrove di areal seluas 3,5 hektare (ha) kawasan Timbulsloko, Demak, Provinsi Jawa Tengah (Jateng) dalam rangka menyemarakkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78.

"Masyarakat adalah salah satu bagian penting untuk kemajuan Brantas Abipraya, ini adalah bukti komitmen kami sebagai BUMN konstruksi, kami tidak hanya fokus membangun Indonesia melalui karya infrastruktur namun juga dengan turut mensejahterakan, membantu sesama lewat program TJSL. Kemajuan Brantas Abipraya juga tentunya atas dukungan masyarakat sekitar, untuk itulah kami berinvestasi pada masyarakat dan lingkungan dalam wujud program TJSL," tutup Tumpang Muhammad.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Admin

Tentang Penulis

Sumber: