Ciri-Ciri Rematik yang Jarang Diketahui Orang, Wajib Tahu Sebelum Terlambat 

Ciri-Ciri Rematik yang Jarang Diketahui Orang, Wajib Tahu Sebelum Terlambat 

Ciri Ciri Rematik Yang Jarang Diketahui Orang Wajib Tahu Sebelum Terlambat. -SUMBER : FIN/FREEPIK-

Gejala utama yang sering dirasakan oleh penderita rematik adalah rasa sakit atau kaku pada sendi. Banyak yang mengira ini disebabkan oleh kelelahan atau pengeroposan tulang. Namun, jika rasa sakit berlanjut lebih dari seminggu, ada kemungkinan itu merupakan gejala penyakit rematik. 

6.Sendi Menjadi Kaku di Pagi Hari 

Tanda-tanda lain dari rematik meliputi kekakuan pada sendi di pagi hari, yang juga umum terjadi pada penderita osteoarthritis atau osteoporosis. Pada osteoarthritis, kekakuan ini biasanya berlangsung sekitar setengah jam, sedangkan pada rematik bisa berlangsung lebih lama. 

7.Ciri-Ciri Rematik, Sendi Terkunci 

Orang yang mengidap rematik mungkin mengalami sendi yang terkunci, terutama pada lutut dan siku, karena pembengkakan pada tendon di sekitar sendi yang menghambat gerakan menekuk. Jika tidak diobati, kondisi ini bisa menyebabkan kista di belakang lutut yang mengganggu pergerakan sendi. 

8.Terdapat Nodul 

Biasanya, orang yang mengidap rematik memiliki nodul atau benjolan yang muncul di kulit di sekitar sendi. Hal ini dapat menghambat kemampuan mereka untuk melakukan aktivitas sehari-hari dan menurunkan kualitas hidup mereka. 

9.Gangguan Pada Lambung 

Penderita rematik yang mengonsumsi obat antiinflamasi nonsteroid seperti naproksen atau ibuprofen sering mengalami gejala ini karena efek sampingnya yang dapat memengaruhi lambung. Tanda-tanda gangguan lambung meliputi nyeri perut, mual, muntah darah, atau tinja berwarna gelap. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Mega Oktaviana

Tentang Penulis

Sumber: