Hasil Survei Veracity 5 Hari Jelang Pilpres: Anies vs Prabowo vs Ganjar, Capres Ini yang Unggul

Hasil Survei Veracity 5 Hari Jelang Pilpres: Anies vs Prabowo vs Ganjar, Capres Ini yang Unggul

Hasil Survei Pilpres 2024 Terbaru-@prabowo-instagram

Ia menyebutkan sebanyak 2 persen responden tidak tahu siapa yang akan mereka pilih, 1 persen belum memutuskan, dan 4 persen responden menyatakan tidak mendukung partai mana pun.

Namun, kata dia, terdapat resistensi terhadap beberapa partai. Dalam survei, PDI Perjuangan diposisikan sebagai partai dengan jumlah pemilih yang paling besar menyatakan pasti tidak akan memilih mereka, yaitu sebesar 14 persen, sedangkan PSI dan PKS masing-masing dihindari oleh 5 persen dan 4 persen responden.

Sementara itu, sebanyak 18 persen responden masih belum memutuskan dan 11 persen menyatakan tidak tahu sehingga menunjukkan ketidakpastian atau ketidakyakinan dalam pilihan mereka.

Data tersebut memberikan perspektif tambahan terhadap dinamika elektoral dengan mengungkap kecenderungan pemilih untuk menghindari partai-partai tertentu.

Survei berjudul Mungkinkah Pilpres Indonesia Satu Putaran?" tersebut dengan metode sampel bertingkat acak (multistage random sampling) dari sebanyak 1.600 responden dengan margin kesalahan +/-2,5 persen. Sampel mencakup kota-kota di area urban dan rural di 34 provinsi.

Veracity juga menerapkan prosedur back-checking 100 persen menggunakan fasilitas CATI (Computer Assisted Telephone Interview) Fieldwork untuk survei tersebut dengan cermat pada tanggal 7—20 Januari 2024.

Untuk memperkaya data, dilakukan serangkaian diskusi kelompok terfokus atau focus group discussion (FGD) secara luring pada tanggal 18—29 Januari 2024.

Sebanyak delapan FGD dijalankan menjangkau responden acak dari kelas sosial menengah ke bawah (B hingga E) di area urban Bandung, Semarang, dan Surabaya dengan rentang usia 20—55 tahun. Setiap FGD terdiri atas delapan peserta aktif per grup. (*) 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: