Gak Lagi Menjabat, Mahfud MD: Hari Ini Saya Merasa Plong!

Gak Lagi Menjabat, Mahfud MD: Hari Ini Saya Merasa Plong!

Gak Lagi Menjabat Mahfud MD Merasa Plong-fin / mahfudmd-X Twitter

FIN.CO.ID - Presiden Jokowi sudah menerbitkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 20/P Tahun 2024. Tak lagi menjabat Menkopolhukam, Mahfud MD mengaku merasa plong alias lega. 

"Hari ini saya merasa plong," tulis Mahfud MD melalui akun Twitter pribadinya seperti dikutip fin.co.id pada Jumat, 2 Februari 2024. 

Mahfud menyebut datang ke kantor Polhukam untuk pamitan. Selama 3,5 bulan terakhir, sejak resmi menjadi cawapres, dirinya mengaku gamang jika ke kantor Kemenko Polhukam. 

"Saya khawatir tanpa sengaja menggunakan fasilitas kantor untuk kepentingan kampanye. Saya khawatir pejabat dan pegawai Polhukam tidak netral dan melayani kepentingan politik karena saya jadi paslon," paparnya. 

Tepat 1 Februari 2024, Mahfud MD menemui Presiden Jokowi untuk menyerahkan surat pengunduran dirinya sebagai Menkopolhukam. 

BACA JUGA:

"Saya sudah menghadap Presiden Jokowi untuk minta berhenti. Saya bangga pejabat-pejabat dan pegawai Polhukam bersikap netral. Saya benar-benar plong di Jumat yang penuh barokah ini," pungkasnya.


Gak Lagi Menjabat Mahfud MD: Hari Ini Saya Merasa Plong-fin/mahfudmd-X Twitter

Jokowi Tunjuk Tito Karnavian Sebagai Plt

Tidak sampai 24 jam, Presiden Joko Widodo (Jokowi) langsung menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 20/P Tahun 2024 tentang Pemberhentian dengan Hormat Mahfud MD dari jabatan Menko Polhukam.

"Pada hari ini, Jumat, 2 Februari 2024, Presiden telah menandatangani keppres yang berisi pemberhentian dengan hormat Bapak Mahfud MD sebagai Menko Polhukam," kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana di Jakarta, Jumat 2 Februari 2024.

Pasca penandatanganan keppres itu , Jokowi menunjuk Mendagri Tito Karnavian sebagai Pelaksana Tugas, Wewenang, dan Tanggung Jawab Menko Polhukam Kabinet Indonesia Maju periode 2019—2024 sampai adanya Menko Polhukam definitif.

BACA JUGA:

Sebelumnya, pada Kamis, 1 Februari 2024 sore Mahfud MD bertemu Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta. Mahfud  datang untuk menyerahkan langsung surat pengunduran dirinya dari jabatan menteri.

Mahfud, yang merupakan calon wakil presiden nomor urut 3, menyatakan ingin mundur guna memberikan contoh kepada pejabat negara lain agar tidak menyalahgunakan jabatan dan fasilitas negara untuk kampanye pemilu.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Husen

Tentang Penulis

Sumber: