Review Samsung Galaxy A15 yang Dibanderol Rp2 Jutaan

Review Samsung Galaxy A15 yang Dibanderol Rp2 Jutaan

Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A15--(Google Photos)

fin.co.id - Belum lama ini Samsung Indonesia kembali menghadirkan smartphone entry-level dengan mengenalkan Samsung Galaxy A15 ke Tanah Air.

Tersedia varian versi 4G dan 5G, juga dua pilihan memori internal, harga smartphone ini dimulai di bawah Rp3 juta, yakni Rp2,89 juta untuk varian 4G 128GB, hingga varian tertingginya Samsung Galaxy A15 5G 256GB seharga Rp3,59 juta.

Perihal software (perangkat lunak), Samsung tidak pernah mengecewakan, baik dari ponsel kelas bawah hingga kelas paling atas (flagship), seluruhnya selalu up to date, dan mampu diperbaharui hingga beberapa tahun ke depan.

Termasuk smartphone yang satu ini, yang telah dibekali Android 14 dengan user interface dari sistem operasi One UI 6, sehingga control panel-nya sangat mudah untuk digunakan.

Kamera

Dibekali dengan tiga buah kamera belakang dengan lensa utama 50MP, lensa ultra-wide 5MP, dan macro lens 2MP, serta selfie cam (kamera depan) 13MP, Samsung Galaxy A15 lebih dari cukup bagi pengguna yang gemar berbagi foto di media sosial.

Detail dari hasil jepretan lensa utama 50MP Samsung Galaxy A15 cukup tajam, tanpa perlu bantuan perangkat lunak sharpening tambahan yang kerap membuat hasil foto berlebihan.

Dynamic range yang ditangkap sangat baik, apalagi ketika menjepret objek yang berlawanan dengan cahaya, warna saturasi yang dihasilkan tetap kaya dan tidak berlebihan.

Fitur yang paling menyenangkan dari kamera Samsung Galaxy A15 adalah mode manual dan mode portrait. Di mode manual, pengguna dapat mengatur berbagai aspek sesuai keinginan, mulai dari kecepatan shutter, hingga mengatur titik fokus bak kamera profesional.

Efek blur yang diberikan dari mode potrait juga cukup halus dan camik, menghasilkan foto dengan estetika tersendiri.

Sementara kualitas jepretan dalam kondisi minim cahayanya (low light), cukup mengejutkan. Hasil foto tetap baik dengan warna yang mendekati natural dan detail yang terjaga, meski masih terdapat sedikit noise. Cukup impresif, mengingat smartphone flagship puluhan juta rupiah pun masih terdapat noise saat memotret di keadaan gelap.

Untuk video, smartphone entry-level ini mendukung resolusi maksimal 1080p 30fps, cukup untuk di kelasnya. Video yang dihasilkan cukup stabil meski masih terasa sedikit guncangan. Warna dan kontras yang ditampilkan juga cukup natural.

Performa Gaming

Dibekali RAM 8GB yang cukup besar di kelasnya, tentu membuat performa Samsung Galaxy A15 semakin kencang. Namun, bagaimana performanya dalam bermain gim?

Gim pertama yang kami coba adalah Mobile Legends: Bang Bang (MLBB), salah satu gim moba yang paling banyak digandrungi pemain Indonesia.

Tidak banyak ekspektasi di awal perihal performa A15 di dalam gim, mengingat ini adalah smartphone entry-level di bawah Rp3 juta. Namun, cukup mengejutkan, Samsung Galaxy A15 menampilkan grafik yang impresif, tak jauh berbeda dengan smartphone flagship karena tampilannya yang jernih dan ciamik.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: