Gibran Singgung Thomas Lembong di Debat Cawapres 2024, Siapa Dia?

Gibran Singgung Thomas Lembong di Debat Cawapres 2024, Siapa Dia?

Thomas Lembong saat Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) di Sydney, Australia pada tahun 2017--Setkab.go.id

Tom pernah dipercaya sebagai kepala divisi dan wakil presiden senior di Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) periode 2000-2002.

Setelah itu, Tom pindah ke Farindo Investments pada 2002-2005. Ia merupakan salah satu pendiri, juga Chief Executive Officer dan Managing Partner di Quvat Management. Ini adalah perusahaan dana ekuitas swasta yang didirikan pada 2006.

Tom juga tercatat sebagai presiden komisaris di PT Graha Layar Prima atau Blitz Megaplex pada 2012-2014.

Tom Lembong merupakan mantan 'pembantu' Jokowi di kabinet. Tak cuma itu, ia juga menulis beberapa pidato Jokowi.

BACA JUGA:

Tom terjun di dunia politik pada tahun 2013 sebagai penasihat ekonomi dan penulis pidato untuk Gubernur DKI Jakarta zaman Jokowi.

Peran ini diteruskan sepanjang masa jabatan pertama Jokowi sebagai Presiden. Tom ditunjuk sebagai menteri perdagangan pada 2015-2016. Lalu ia kembali dipercaya masuk kabinet dengan menjabat kepala Badan koordinasi Penanaman Modal (BKPM) pada 2016-2019 yang kini berganti nama menjadi kementerian Investasi.

Tom merupakan sosok yang menulis beberapa pidato Jokowi yang paling ikonik. Salah satunya adalah pidato 'Game of Thrones' yang dibacakan Jokowi pada pertemuan IMF-Bank Dunia di Balik pada 2018.

Lalu ia menyusun pidato 'Thanos' yang dibacakan Jokowi di forum ekonomi Dunia, saat ini, Tom bertugas di Dewan penasihat internasional Institut kajian strategis internasional (IISS) di London dan Dewan Penasihat Internasional Plastic Omnium, Perusahaan komponen otomotif di Prancis.

Pada Agustus 2024, Anies yang sedang menjabat Gubernur DKI Jakarta menunjuk Tom sebagai ketua Dewan PT Jaya Ancol, satu-satunya Badan Usaha Milik Pemerintah Provinsi di Indonesia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Lalu Tom mendirikan Consilience Policy Institute yang secara resmi beroperasi di Singapura.

Lembaga ini merupakan sebuah wadah pemikir yang mengadvokasi kebijakan ekonomi internasional dan reformis di Indonesia. Tom raih sejumlah penghargaan bergengsi di kancah dunia. Ia terpilih sebagai Pemimpin Muda Global oleh Forum Ekonomi Dunia pada 2008.

Tom dianugerahi Asia Society Australia-Victoria Distinguished Fellowship pada 2017. Ia juga menerima penghargaan Order of Diplomatic Service Merit, First Class Second Grade atau Gwanghwa Medal dari Korea Selatan pada 2020 lalu.

Demikian informasi mengenai Thomas Lembong, semoga informasi ini bermanfaat untuk kalian semua.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Ari Nur Cahyo

Tentang Penulis

Sumber: