Hasil Survei EPI Jelang Debat Cawapres: Elektabilitas Prabowo-Gibran Capai 50 Persen, Pilpres Diprediksi 1 Putaran!

Hasil Survei EPI Jelang Debat Cawapres: Elektabilitas Prabowo-Gibran Capai 50 Persen, Pilpres Diprediksi 1 Putaran!

Hasil Survei EPI Jelang Debat Cawapres: Elektabilitas Prabowo-Gibran Capai 50 Persen, Pilpres Diprediksi 1 Putaran! --

FIN.CO.ID- Survei Economics & Political Insight (EPI) Center memaparkan hasil surveinya jelang debat capres cawapres pada Minggu 21 Januari 2024.

Survei yang dilakukan secara tatap muka pada tanggal 9 hingga 15 Januari 2024 dan melibatkan 1.200 responden itu, menyebutkan bahwa Pilpres berpeluang digelar 1 putaran. 

Survei EPI memaparkan, elektabilitas pasangan capres-cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mencapai 50,2 persen. 

BACA JUGA:

Sementara posisi kedua, elektabilitas Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar sebesar 21,3 persen, terpaut tipis dari Ganjar Pranowo-Mahfud Md dengan 20,1 persen. 

Sisanya sebanyak 8,5 persen responden menyatakan tidak tahu atau tidak menjawab.

Dalam survei ini sebanyak 1.200 responden yang ditemui mewakili 38 provinsi. Metode survei adalah multistage random sampling dengan margin of error sekitar 2,9 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

"Elektabilitas Prabowo-Gibran menembus hingga 50,2 persen, artinya diprediksi bakal memenangkan Pilpres 2024 dalam satu putaran," kata peneliti EPI Center Mursalin dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu 20 Januari 2024.

BACA JUGA:

Menurut Mursalin, setidaknya ada tiga faktor yang bisa menjelaskan tingginya elektabilitas Prabowo-Gibran. Pertama adalah dukungan dari Presiden Jokowi kepada Prabowo dan diperkuat dengan majunya Gibran sebagai cawapres.

"Majunya Gibran yang notabene putra sulung Jokowi memberi isyarat kuat dukungan mengarah kepada Prabowo, alih-alih Ganjar," sebut Mursalin.

Sebelumnya, Jokowi membagi dukungan kepada Ganjar hingga terjadi perpecahan antara Jokowi dengan elite PDI Perjuangan.

"Jokowi akhirnya memilih mendukung Prabowo, mantan rivalnya pada dua kali pemilu," tambah Mursalin.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: