TKN Respons Wacana Koalisi 01 dan 03: Bagaikan Minyak dan Air Bisa Bertemu

TKN Respons Wacana Koalisi 01 dan 03: Bagaikan Minyak dan Air Bisa Bertemu

Kubu Anies dan Ganjar saling bertemu untuk bahas sesuatu yang tidak diungkap dengan jelas-#news #nasional #pemilu2024-

fin.co.id - Mencuatnya wacana koalisi pasangan calon (paslon) 01 dengan paslon 03 di Pilpres 2024 direspons Juru Bicara (Jubir) Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Andre Rosiade. 

Ia menilai, wacana koalisi pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan Ganjar Pranowo-Mahfud MD merupakan respons dari melonjaknya elektabilitas Prabowo.

"Komunikasi politik yang dilakukan pasangan calon 01 dan 03 ini menunjukkan bahwa kedua kubu mengakui Prabowo bisa menang satu putaran," kata Jubir TKN Andre Rosiade di Kabupaten Agam, Selasa 16 Januari 2024.

Menurut Andre, ide koalisi 01 dengan 03 ini mencuat untuk mengantisipasi elektabilitas pasangan Prabowo-Gibran yang mengungguli dua kompetitornya.

BACA JUGA:Ganjar Sebut Maruarar Dekat dengan Jokowi, Diprediksi Dukung Prabowo-Gibran

"Pasangan 01 dan 03 tidak mungkin bertemu kalau Pak Prabowo unggul tebal," kata Andre.

Andre menegaskan, elektabilitas pasangan calon 02 mendekati angka 50 persen. Bahkan, beberapa lembaga survei menunjukkan elektabilitas pasangan tersebut sudah di atas 50 persen.

Oleh karena itu, TKN menganalisa wacana koalisi kubu Anies-Muhaimin bersama kubu Ganjar-Mahfud tersebut merupakan bentuk respons politik dalam upaya mengalahkan Prabowo Subianto.

"Ini hikmah bagi demokrasi. Karena kita tidak menyangka 01 dengan 03 yang bagaikan minyak dan air bisa bertemu," ucap dia.

BACA JUGA:Akun Instagram Mahfud MD Diretas, Isinya Video Tentara Israel Main Bola

Sementara itu, pakar politik dari Universitas Andalas (Unand) Sumatera Barat Prof Asrinaldi menilai wacana pembentukan koalisi kubu Anies-Muhaimin dengan Ganjar-Mahfud Md merupakan bentuk sinyal perlawanan, sekaligus langkah untuk mengantisipasi terjadinya potensi kecurangan pemilu.

"Dalam tanda kutip ya, ini sikap perlawanan dari pasangan calon 01 dan 03 terhadap pihak yang menjanjikan netralitas namun tidak seperti yang diharapkan," kata Asrinaldi.

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: