Ternyata Istilah Gemoy pada Prabowo Berasal dari TikTok

Ternyata Istilah Gemoy pada Prabowo Berasal dari TikTok

Calon presiden Prabowo Subianto ketika berjoget Gemoy di depan para ketua umum partai, termasuk Megawati Soekarnoputri--golkar

fin.co.id - Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Pemilih Muda (Fanta) Prabowo-Gibran, Dedek Prayudi, menjelaskan asal muasal istilah gemoy pada Prabowo. 

Dedek menyebut, istilah gemoy yang melekat pada sosok capres Prabowo Subianto berasal dari platform media sosial TikTok.

"Sejarah gemoy ini menjadi sangat relevan, karena berangkat dari bawah. Jadi, berangkat dari bawah, dari sebuah akun TikTok, di mana menampilkan Pak Prabowo joget-joget," kata Dede dalam acara peluncuran buku "Politik Gemoy: Keberpihakan Pemuda kepada Prabowo-Gibran" di Menteng, Jakarta Pusat, Jakarta, Kamis 4 Januari 2024.

Dede melanjutkan akun media sosial tersebut membubuhkan keterangan "Prabowo Gemoy" pada video yang diunggah.

Dampaknya, video tersebut diunggah ulang di beberapa akun media sosial sehingga menjadi viral.

BACA JUGA:Anies: ASN Harus Berani Laporkan Atasan Tak Netral di Pemilu 2024

Dede menambahkan Prabowo awalnya tidak tahu apa arti dari gemoy. Namun, lanjutnya, lahirnya istilah gemoy merupakan bentuk awal keberpihakan anak muda pada dunia politik.

"Jadi, ini bukan sesuatu yang lahir dari kami dan (tidak) kami paksakan kepada anak muda. Ini organik dari masyarakat," jelasnya.

Dede melanjutkan istilah gemoy pada akhirnya memiliki arti tersendiri bagi jajaran TKN Prabowo-Gibran, yakni rekonsiliasi, keberlanjutan, dan Astacita.

"Rekonsiliasi menandakan politik ruang gembira yang tidak menghadirkan sekat perkubuan antar kubu politik. 

BACA JUGA:Prabowo-Gibran Dorong Pemerataan Akses Internet dan Wujudkan Hilirisasi Digital

Selanjutnya, gemoy berkelanjutan adalah wujud partisipasi politik anak muda. Ini ada perpindahan tongkat estafet kepemimpinan antargenerasi," tambah politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI) tersebut.

Terakhir ialah Astacita, yakni program yang ditawarkan Prabowo-Gibran berkaitan dengan memajukan sumber daya manusia (SDM) demi masa depan bangsa.

Dengan semangat "Politik Gemoy", Dede berharap kalangan anak muda mau menaruh dukungannya bagi pasangan calon Prabowo-Gibran demi kemajuan bangsa Indonesia.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: