Paus Fransiskus Disebut Menyetujui Pernikahan Sesama Jenis, Begini Penjelasan Dubes RI untuk Vatikan

Paus Fransiskus Disebut Menyetujui Pernikahan Sesama Jenis, Begini Penjelasan Dubes RI untuk Vatikan

Paus Fransiskus -Dok/Instagram-

Dokumen tersebut mendukung “kemungkinan pemberkatan bagi pasangan dalam situasi yang tidak biasa dan bagi pasangan berjenis kelamin sama” namun “pemberkatan ini tidak boleh diberikan bersamaan dengan upacara persatuan sipil, dan bahkan tidak berhubungan dengan upacara tersebut”.

Dikatakan bahwa para imam harus mengambil keputusan berdasarkan kasus per kasus dan “tidak boleh mencegah atau melarang kedekatan Gereja dengan umat dalam setiap situasi di mana mereka mungkin mencari pertolongan Tuhan melalui berkat sederhana”.

Dokumen tersebut menguraikan surat yang dikirim Paus Fransiskus kepada dua kardinal konservatif yang diterbitkan pada bulan Oktober. 

"Pada akhirnya, sebuah berkat menawarkan manusia sarana untuk meningkatkan kepercayaan mereka kepada Tuhan,” kata dokumen itu. 

“Permintaan berkah, dengan demikian, mengungkapkan dan memupuk keterbukaan terhadap transendensi, belas kasihan, dan kedekatan dengan Tuhan dalam ribuan keadaan kehidupan yang nyata, yang bukanlah hal kecil di dunia tempat kita hidup.” (*)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: