Suka Ngantuk di Siang Hari Meski Tidur Cukup? Ini Daftar Penyebabnya

Suka Ngantuk di Siang Hari Meski Tidur Cukup? Ini Daftar Penyebabnya

Ngantuk, Image oleh Sammy-Sander dari Pixabay--

Suka Ngantuk di Siang Hari Ini - Kamu pasti pernah merasa ngantuk di siang hari, kan? Atau jangan-jangan, saat ini kamu lagi ngantuk berat nih.

Padahal semalem tidur kamu sudah terbilang cukup. Tapi kok bisa masih ngantuk di siang hari?

taukah kamu bahwa ada beberapa penyebab lain yang bisa membuat kamu mengantuk di siang hari, bahkan jika kamu sudah tidur nyenyak di malam hari? 

Yuk, simak daftar penyebabnya di bawah ini.

Penyebab Ngantuk di Siang Hari

  1. Hipersomnia
  2. Sleep apnea
  3. Depresi
  4. Kurang cairan
  5. Kurang gizi


Ngantuk Pas Jam Ngantor, oleh mohamed Hassan dari Pixabay--

Hipersomnia

Penyebab ngantuk di siang hari yang pertama adalah hipersomnia. Hipersomnia adalah kondisi di mana seseorang mengalami rasa mengantuk yang berlebihan di siang hari, meskipun sudah tidur cukup di malam hari. Orang yang mengidap hipersomnia bisa tertidur kapan saja, bahkan saat sedang melakukan aktivitas yang membutuhkan konsentrasi. Hipersomnia bisa disebabkan oleh gangguan pada sistem saraf pusat, gangguan tidur, penyakit kronis, obat-obatan, atau faktor genetik.

Sleep apnea

Penyebab ngantuk di siang hari yang kedua adalah sleep apnea. Sleep apnea adalah gangguan tidur yang ditandai dengan berhentinya napas secara tiba-tiba dan berulang saat tidur. Hal ini bisa mengganggu kualitas tidur dan menyebabkan rasa lelah dan mengantuk di siang hari. Sleep apnea bisa disebabkan oleh penyumbatan saluran napas, kelebihan berat badan, merokok, atau konsumsi alkohol.

Depresi

Penyebab ngantuk di siang hari yang ketiga adalah depresi. Depresi adalah gangguan suasana hati yang ditandai dengan perasaan sedih, putus asa, atau tidak berharga yang berlangsung lama. Depresi bisa memengaruhi pola tidur seseorang, baik menyebabkan insomnia atau hipersomnia. Orang yang depresi bisa merasa ngantuk di siang hari karena kurang tidur atau karena kurangnya motivasi untuk beraktivitas.

Kurang cairan

Penyebab ngantuk di siang hari yang keempat adalah kurang caira. Kurang cairan atau dehidrasi bisa menyebabkan rasa lemas, pusing, atau ngantuk di siang hari. Hal ini karena cairan tubuh berperan penting dalam menjaga fungsi organ, termasuk otak. Jika tubuh kekurangan cairan, maka aliran darah ke otak akan berkurang, sehingga mengurangi kinerja otak dan menyebabkan rasa mengantuk.

Kurang gizi

Penyebab ngantuk di siang hari yang kelima adalah kurang gizi. Kurang gizi atau malnutrisi bisa menyebabkan rasa ngantuk di siang hari karena tubuh tidak mendapatkan asupan nutrisi yang cukup untuk menjalankan fungsi-fungsinya. Nutrisi yang penting untuk menjaga kewaspadaan adalah karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Jika tubuh kekurangan salah satu atau lebih dari nutrisi ini, maka tubuh akan merasa lemah dan mengantuk.

Nah, itu dia beberapa penyebab yang bisa membuat kamu ngantuk di siang hari. 

Jika kamu mengalami salah satu atau lebih dari kondisi di atas, sebaiknya kamu segera mengatasinya dengan cara yang tepat. 

Misalnya, dengan mengatur pola tidur yang teratur, mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat dan bergizi, menghindari rokok dan alkohol, atau berkonsultasi dengan dokter jika perlu.


Ngantuk, Image oleh 5477687 from Pixabay--

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: