Habis Makan Malah Ngantuk, Normal atau Tidak? Ini Penjelasan Ahli

Habis Makan Malah Ngantuk, Normal atau Tidak? Ini Penjelasan Ahli

Ngantuk, Image oleh Sammy-Sander dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Mengantuk setelah makan adalah pengalaman yang sering di alami orang. Namun pertanyaannya, mengapa orang mengatuk setelah makan?

Menurut pakar gizi bernama Claire Shortt, orang mengantuk setelah makan itu ada hubungannya dengan lonjakan kadar gula dalam darah.

“Saat kita makan makanan tinggi gula bisa menyebabkan gula darah kita naik lalu turun dengan cepat. Kondisi ini dapat menyebabkan kelelahan tiba-tiba," kata Claire Shortt dikutip dari Livescience.

Selain karena gula darah, hormon tubuh kata Claire Shortt, ikut berperan sebabkan rasa kantuk setelah orang menyantap makanan mereka.

Menurut dia, setelah makan, terkadang terjadi lonjakan produksi dan pelepasan hormon serotonin yang efeknya bisa menyebabkan rasa kantuk

"Peningkatan kadar hormon dapat membuat kita merasa sedikit mengantuk,” kata Shortt.

“Serotonin berperan dalam suasana hati dan siklus tidur kita, dan ketika kadarnya meningkat setelah makan, itu bisa membuat Anda merasa mengantuk".

Sebuah tinjauan studi dalam jurnal Sports Medicine menyatakan serotonin dikaitkan dengan kelelahan karena efeknya pada kantuk dan kehilangan motivasi.

Shortt mengatakan beberapa makanan lebih mungkin menyebabkan kantuk daripada yang lain, misalnya makanan kaya asam amino yang disebut triptofan.

"Ini karena terlibat dalam produksi serotonin. Triptofan ditemukan dalam banyak makanan kaya protein seperti keju, telur, kalkun, dan tahu," kata dia.

Menurut Shortt, sementara ini penelitian belum memberikan jawaban akhir mengapa orang terkadang merasa mengantuk setelah makan. Dia menyarankan beberapa langkah yang dapat dilakukan orang demi meningkatkan tingkat produktivitas sore mereka, salah satunya memasukkan makanan berserat tinggi dalam diet.

"Makanan berserat tinggi dapat membantu menstabilkan kadar gula darah Anda. Cobalah makan teratur dan hindari makan dalam porsi yang sangat besar karena bisa membebani sistem pencernaan sehingga Anda merasa lelah dan lesu," demikian pesan dia.

Suka Mengantuk Meski Jam Tidur Normal

Anda memiliki keluhan sering mengantuk saat mengerjakan aktifitas harian Anda.

Namun ternyata Anda tidak memiliki masalah dengan kualitas tidur di malam harinya, dan durasi tidur Anda terkesan cukup-cukup saja.

Menurut dr. Arrum Putri Amalia seperti dikutip FIN dari Alodokter, hal ini bisa disebabkan oleh beberapa penyakit.

“(Penyebabnya adalah seperti) depresi, sindrom kaki gelisah, narkolepsi, atau parasomnia,” lanjutnya.


DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: