ZARA Menyesali Soal Iklan yang Dituding Sindir Palestina: Ini Kesalahpahaman

ZARA Menyesali Soal Iklan yang Dituding Sindir Palestina: Ini Kesalahpahaman

Ilustrasi Zara--reuters

Namu Zara langsung menghapus foto tersebut melalui akun media sosial Instagramnya @ZARA.

BACA JUGA:

Skandal Viralnya Pernah Heboh, Adhisty Zara Kini Ngaku Tak Percaya Lagi dengan Banyak Orang, Ada Apa?

Adhisty Zara, Eks JKT48 yang Memulai Perjalanan Cinta dari TK

 

Foto selanjutnya terdapat properti berupa patung dengan anggota tubuh yang hilang model berpose setting di reruntuntuhan bangungan yang berdebu.

Walau Zara sudah menghapus foto yang dinilai kontroversial tersebut. warganet terus seruan boikot produk ZARA.

"Betapa menjijikannya Anda (ZARA) mendukung pembantaian dengan dalih "Seni"? #freepalestine," tulis salah satu warganet di Instagram di akun resmi ZARA (@zara), dikutip Selasa 12 Desember 2023.

"Bahkan ini tidak terlihat bagus, artistik, atau modis. Jelas-jelas ini adalah sebuah adegan untuk agenda keji Anda (ZARA) untuk mengejek, menormalisasi, atau menjadikan genosida sebagai trend mode. Kami tidak akan membeli produk ZARA lagi. Jutaan Muslim di seluruh dunia akan memboikot dan selamat tinggal ZARA," kritik pengguna Instagram lainnya.

Selain kritikan, para warganet membagikan emoji bendera Palestina, tagar Free Palestine, dan seruan "BOIKOT ZARA!" pun membanjiri kolom komentar akun Instagram ZARA, bahkan hingga pada unggahan November lalu.

Melalui akun X,  ZARA menjadi trending topic mencari 215 ribu tweet sejak berita ini diterbitkan.

Banyak pengguna X mempersoalkan unggahan ZARA yang mengandung kontroversial yang diduga menghina penderitaan Palestina.

Melansir dari The National, katalog tersebut difoto oleh Tim Walker dengan pengarah gaya oleh perusahaan Perancis-Amerika, Baron & Baron dan model asal Amerika Serikat (AS), Kristen McMenamy. Dalam katalog, McMenamy menggunakan serangkaian jaket di ruangan putih yang dikelilingi oleh peti kayu dan puing-puing beton.

Tidak hanya McMenamy yang mengangkat manekin mirip jenazah dan dikelilingi puing beton, ZARA juga menampilkan foto lainnya yang tampak kotor akibat hancuran beton putih.

Hingga saat ini, ZARA belum memberikan keterangan resmi terkait kontroversi foto katalog tersebut dan belum menanggapi reaksi keras dari warganet.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Ari Nur Cahyo

Tentang Penulis

Sumber: