Ade Armando Sentil Mahasiswa Yogya: Dinasti Politik Sesungguhnya itu di Yogyakarta, Gubernurnya Tidak Dipilih Melalui Pemilu

Ade Armando Sentil Mahasiswa Yogya: Dinasti Politik Sesungguhnya itu di Yogyakarta, Gubernurnya Tidak Dipilih Melalui Pemilu

Dosen Universitas Indonesia Ade Armando.-Screenshot YouTube/CokroTV-

"Pertanyaannya kenapa mahasiswa diam saja menyaksikan politik dinasti yang jelas-jelas bertentangan dengan konstitusi ini. Apakah mereka takut, atau memang gak paham apa arti dinasti politik dinasti?" cetusnya. 

Mahasiswa Sebut Jijik dengan Klaim Gibran. 

Pada Rabu 29 November lalu, mahasiswa menggelar Aksi Mimbar Rakyat di depan Monumen Serangan Umum 1 Maret Yogyakarta. Mereka menyoroti majunya Gibran Rakabuming Raka selaku anak Presiden Joko Widodo atau Jokowi sebagai calon wakil presiden Prabowo Subianto.

Ketua BEM Universitas Gadjah Mada (UGM), Gielbran Mohammad menolak narasi yang mengklaim bahwa Wali Kota Solo itu adalah perwakilan seluruh pemuda Indonesia dan merepresentasikan aspirasi suara pemuda. 

Sebab, Gibran lolos pencalonan wakil presiden melalui polemik Mahkamah Konstitusi hingga adanya pelanggaran etik yang dilakukan pamannya Anwar Usman selalu Ketua MK. 

Namun, anak sulung Presiden Jokowi itu lantas diklaim sebagai representasi anak muda dalam jalur politik.

“Kami jelas tidak mau, untuk seorang anak, yang bahkan anak seorang presiden itu diklaim perwakilan seluruh pemuda di Indonesia,” kata Gielbran Mohammad di sela aksi, Rabu, 29 November 2023.

“Kami tidak terima atas klaim itu, sebagai anak muda kami justru jijik. Apa yang dijalankan Presiden Jokowi dengan Gibran itu bagi kami justru hal paling najis dalam sistem demokrasi yang kita anut,” ucap Gielbran menambahkan.

Aksi Mimbar Kerakyatan tersebut dilakukan oleh aktivis perwakilan BEM dari beberapa kampus. Di antaranya adalah Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta, hingga Universitas Muhammadiyah Magelang (UMM). (*) 

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: