Ade Armando Sentil Mahasiswa Yogya: Dinasti Politik Sesungguhnya itu di Yogyakarta, Gubernurnya Tidak Dipilih Melalui Pemilu

Ade Armando Sentil Mahasiswa Yogya: Dinasti Politik Sesungguhnya itu di Yogyakarta, Gubernurnya Tidak Dipilih Melalui Pemilu

Dosen Universitas Indonesia Ade Armando.-Screenshot YouTube/CokroTV-

FIN.CO.ID- Pegiat media sosial sekaligus kader PSI, Ade Armando merespon aksi Badan Ekskutif Mahasiswa UI dan UGM yang mengkritik politik dinasti jelang Pilpres 2024. 

Aliansi mahasiswa Yogyakarta ini membuat gerakan menolak politik dinasti dengan mengenakan kaos bertuliskan 'Republik Rasa Kerajaan'. 

"Saya meragukan keseriusan mahasiswa memperjuangkan demokrasi. Misalnya saya baca ada gerakan aliansi mahasiswa di Yogyakarta melawan Politik dinasti. Mereka menggunakan baju kaos bertuliskan republik rasa kerajaan" kata Ade Armando, Minggu 3 Desember 2023.

Ade Armando mengaku heran dengan gerakan mahasiswa tersebut. Sebab, menurut dia, di Yogyakarta adalah wilayah politik dinasti. 

BACA JUGA:


Dosen Komunikasi Fisip UI Ade Armando.-Screenshot YouTube/CokroTV-

"Ini ironis sekali, karena mereka justru sedang berada di sebuah wilayah yang jelas-jelas menjalankan politik dinasti dan mereka diam saja" kata Ade Armando. 

Ade mengatakan, Yogyakarta dipimpin oleh Gubernur yang tidak dipilih melalui Pemilu. 

"Anak-anak BEM ini harus tahu dong, kalau mau melawan politik dinasti, ya politik dinasti sesungguhnya adalah DIY. Gubernurnya tidak dipilih melalui pemilu," katanya. 

Kata dia, Gubernurnya Sultan Hamengku Buwono ke-10 yang menjadi Gubernur karena garis keturunan. Ini ditetapkan melalui UU Keistimewaan Yogyakarta yang dilahirkan pada 2012.

"Dan salah satu anggota DPR yang berperan besar dalam kelahiran UU itu adalah wakil ketua pantia kerja di DPR yang bernama Ganjar Pranowo" kata Ade Armando.

BACA JUGA:


Kiri ke kanan: Gibran Rakabuming Raka, Boby Nasution, Kaesang Pangarep--Istimewa

Dia mempertanyakan sikap mahasiswa yang dia melihat politik dinasti di Yogyakarta. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: