News

Gus Mus Kritik Politik Dinasti Lewat Puisi: Ada Keripik Rasa Keju dan Ikan, Ada Republik Rasa Kerajaan

fin.co.id - 01/11/2023, 21:20 WIB

Gus Mus Kritik Politik Dinasti Lewat Puisi: Ada Keripik Rasa Keju dan Ikan, Ada Republik Rasa Kerajaan

FIN.CO.ID -  KH Mustofa Bisri atau Gus Mus mengkritik praktik politik dinasti melalui puisinya. Puisi itu dibacakan Gus Mus pada Selasa, 31 Oktober 2023 di Taman Budaya Surakarta.

Puisi Gus Mus soal Politik Dinasti:

Ada sirup rasa jeruk dan Durian...

Ada keripik rasa keju dan Ikan... 

Ada Republik rasa Kerajaan...

Puisi Gus Mus ini pun viral di media sosial. Meski tidak menyebut nama, publik sudah tahu maksud dari puisi tersebut. 

BACA JUGA:

Politik dinasti belakangan ramai dibicarakan publik pasca Gibran Rakabuming Raka secara mengejutkan menjadi cawapres Prabowo Subianto.

Yang membuat sebagian besar publik kecewa adalah caranya. Dimana Gibran lolos menjadi cawapres setelah ada putusan MK (Mahkamah Konstitusi) yang ketuanya Anwar Usman adalah paman Gibran. Dengan menjadi cawapres Prabowo, otomatis Gibran bukan lagi kader PDIP.  

Sebelumnya, sang adik yaitu Kaesang Pangarep yang baru 2 hari menjadi anggota PSI (Partai Solidaritas Indonesia) mendadak menjadi ketua umum. 

Manuver anak-anak Presiden Jokowi ini membuat sebagian publik kecewa. Sebab, sebelumnya Jokowi dalam beberapa kesempatan tidak setuju Gibran maju Pilpres 2024. 

Tetapi, faktanya berbeda. Bahkan, Jokowi terang-terangan merestui majunya Gibran yang berpasangan dengan Prabowo itu. 

Presiden Jokowi dan Wali Kota Surakarta yang juga putra sulungnya Gibran Rakabuming--

PDIP Sakit Hati kepada Jokowi

Keberpihakan Presiden Jokowi dan keluarganya pada capres Prabowo Subianto membuat PDIP sakit hati. Terlebih, anaknya Gibran Rakabuming diusung sebagai cawapres Prabowo. 

Yang terbaru, PSI (Partai Solidaritas Indonesia) yang diketuai oleh putra bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep pada Selasa, 24 Oktober 2023 malam ini, resmi mengusung pasangan Prabowo-Gibran pada Pilpres 2024 mendatang.

Sikap Jokowi dan keluarganya ini membuat PDIP, partai yang mengusung Jokowi mulai dari Wali Kota Solo, Gubernur DKI Jakarta dan Presiden RI merasa ditusuk dari belakang. 

"Diawali dengan blusukan, diakhiri dengan tusukan. Begitulah adab yang maha tinggi hari ini untuk jadi warisan nilai bagi anak cucu kita semua kelak!," cuit anggota DPR RI dari Fraksi PDIP Deddy Yevri Sitorus seperti dikutip fin.co.id dari akun X alias Twitternya pada Selasa, 24 Oktober 2023. 

Rizal Husen
Penulis
-->