Kejagung Periksa Eks Ketum IKABI Soal Dugaan Korupsi Pengelolaan Dana Sawit BPDPKS

Kejagung Periksa Eks Ketum IKABI Soal Dugaan Korupsi Pengelolaan Dana Sawit BPDPKS

BPDPKS--ist

FIN.CO.ID - Tim Jaksa Penyidik pada Direktorat Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung (Kejagung) memeriksa satu orang saksi yang terkait dengan perkara dugaan tindak pidana korupsi dalam pengelolaan dana sawit oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) pada tahun 2015 s/d 2022. 

Saksi yang diperiksa Kejagung yaitu THS selaku Ketua Umum (Ketum) IKABI tahun 2015. Hal ini terkait penyidikan perkara dugaan tindak pidana korupsi dalam pengelolaan dana sawit oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) pada tahun 2015 sampai dengan tahun 2022.

"Pemeriksaan saksi dilakukan untuk memperkuat pembuktian dan melengkapi pemberkasan dalam perkara dimaksud," kata Kapuspenkum Kejagung Ketut Sumedana lewat keterangan resminya Senin 23 Oktober 2023. 


Ilustrasi Kelapa Sawit-Istimewa-

Sebelumnya, Kejaksaan Agung (Kejagung) memeriksa satu orang saksi terkait dugaan korupsi pengelolaan dana sawit oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) periode 2015 sampai 2022.

Saksi yang diperiksa adalah RM selaku Manager Biofuel dan Additive Suplay Chain PT Pertamina Patra Niaga.

Pemeriksaan RM tersebut terkait penyidikan dugaan korupsi pengelolaan dana sawit oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) periode 2015 sampai 2022.

Kapuspenkum Kejagung Ketut Sumedana mengatakan, pemeriksaan saksi RM dilakukan untuk memperkuat pembuktian dan melengkapi pemberkasan dalam perkara dimaksud. 

Sebelumnya, Petinggi dari PT Pertamina Patra Niaga dicecar penyidik Kejaksaan Agung (Kejagung) terkait kasus korupsi pengelolaan dana sawit Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS). 

Para petinggi PT Pertamina Patra Niaga tersebut akan diperiksa terkait kasus korupsi dalam penentuan Harga Indeks Pasar (HIP) Biodiesel.

Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung Ketut Sumedana mengatakan penyidik dari Jampidsus Kejagung memanggil dan memeriksa 4 orang pada Rabu, 27 September 2023.

Dua dari Empat orang yang diperiksa sebagai saksi dalam penyidikan kasus korupsi pengeloaan dana sawit BPDPKS terkait penentuan HIT Biodiesel adalah petinggi dari PT Pertamina Patra Niaga.


Kantor Pusat PT Pertamina (Persero)--

"Saksi yang diperiksa yaitu BSA Manager Biofuel & Additiv Supply Chain PT Pertamina Patra Niaga dan OG selaku Senior Analyst 1 Cash Management and Treasury Sattlement PT Pertamina Patra Niaga," katanya dalam keterangannya, Rabu, 27 September 2023.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: