22 Oktober Peringati Hari Santri Nasional, Begini Sejarah dan Penetapannya

22 Oktober Peringati Hari Santri Nasional, Begini Sejarah dan Penetapannya

22 Oktober Peringati Hari Santri Nasional, Begini Sejarah dan Penetapannya--nu.or.id

Pertempuran ini berlangsung pada tanggal 27 sampai 29 Oktober 1945 dengan berakhirnya kematian Jenderal Mallaby dan ribuan pasukan Inggris. Sehingga kejadian ini memicu peristiwa 10 November 1945.

BACA JUGA:

Peran Santri dalam Kemerdekaan 

Para santri dan ulama memainkan peran penting dalam perjuangan merebut kemerdekaan Indonesia. Mereka tidak hanya berperan dalam bidang agama, tetapi juga turut serta aktif dalam perjuangan politik dan militer.

Penetapan Hari Santri

Pemerintah Indonesia memutuskan untuk menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri. Keputusan ini sebagai bentuk untuk menghargai dan mengenang jasa serta pengorbanan para santri dalam menjaga dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Pengembangan dan Pengakuan

Seiring berjalannya waktu, peringatan Hari Santri tidak hanya menjadi momen mengenang sejarah perjuangan, tetapi juga menjadi momentum untuk mengapresiasi peran santri dalam pengembangan agama, budaya, dan pendidikan di Indonesia.

Hari Santri biasanya dirayakan dengan berbagai kegiatan, seperti pengajian, doa bersama, pertunjukan seni, dan kegiatan sosial lainnya. Peringatan ini menjadi kesempatan untuk merayakan warisan perjuangan dan kontribusi santri dalam membangun bangsa.

BACA JUGA:

Tanggal 22 Oktober sebagai hari Santri Nasional diharapkan agar perjuangan serta peran ulama dalam merebut dan pertahankan Kemerdekaan Indonesia dapat terus dikenang.

Selain itu dapat diteladani agar generasi yang akan datang mampu memiliki semangat mengisi kemerdekaan.

Demikian informasi mengenai sejarah dan penetapa hari Santri Nasional pada 22 Oktober, semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Ari Nur Cahyo

Tentang Penulis

Sumber: