Gerhana Matahari Cincin 15 Oktober 2023 Jam Berapa? Ini Jadwal dan Linknya

Gerhana Matahari Cincin 15 Oktober 2023 Jam Berapa? Ini Jadwal dan Linknya

Illustrasi Gerhana Matahari Cincin 2023--pinterest

FIN.CO.ID- Fenomena gerhana matahari cincin bakal terjadi pada 15 Oktober 2023. Berikut ini akan membagikan jadwal dan link aksesnya.

Fenomena gerhana matahari cincin 2023 sangat dinanti-nanti masyarakat karena ingin mengabadikan momen unik tersebut.

Sayangnya Gerhana matahari cincin 2023 tidak bisa kalian lihat di Indonesia.  Fenomena ini hanya melewati Amerika Serikat bagian barat.

Namun kalian yang ingin melihat Gerhana Matahari cincin 2023 bisa melalui link live streaming Youtube Nasa. Namun tidak ada salahnya kalia simak jadwal lengkapnya di bawah ini.

BACA JUGA:

Fenomena Gerhana Matahari 2023


Gerhana Matahari-ist-ist

Dilansir dari Nasa, Gerhana Matahari Cincin Api atau disebut Annular Solar Eclipse terjadi ketika bulan berada pada titik apogee atau terjauhnya dari Bumi.

Namun ukuran sudut Bulan terhadap Matahri tidak cukup besar untuk menutup sepenuhnya piringan matahari.

AKibatnya, tampakaklah cincin cahaya Matahari yang disebut 'Cincin Api' disekitar bulan.

Gerhana matahari cincin terjadi ketika Matahari, Bulan, dan Bumi sejajar, dan Bulan berada pada titik terjauh dari Bumi dalam orbitnya sehingga tampak lebih kecil.

Gerhana matahari cincin terjadi tidak begitu sering dan hanya dapat terlihat dari wilayah tertentu di Bumi. Untuk menyaksikan gerhana matahari cincin, pengamat perlu berada di jalur atau area di mana fenomena ini dapat terlihat secara penuh atau parsial

BACA JUGA:

Jadwal Gerhana Matahari Cincin 2023.

Fenomena ini terjadi pada Sabtu sampai Minggu 14-15 Oktober 2023. Gerhana ini aka melewati belahan bumi bagian barat meliputi Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan.

Sayangnya wilayah Nusantara tidak dapat menyaksikan Gerhana Matahari Cincin api. Karena adanya perbedaan waktu, fenomena tersebut berlangsung pada malam hari di Indonesia sehingga tidak dapat terlihat.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Ari Nur Cahyo

Tentang Penulis

Sumber: