Panduan Pelaksanaan Hari Santri Nasional 2023: Tema, Logo dan Ketentuan Lainnya

Panduan Pelaksanaan Hari Santri Nasional 2023: Tema, Logo dan Ketentuan Lainnya

Logo Hari Santri Nasional 2023 Jihad Santri Jayakan Negeri--

FIN.CO.ID - Peringatan Hari Santri Nasional 2023 yang dilaksanakan setiap tanggal 22 Oktober mengusung tema "Jihad Santri Jayakan Negeri".

Panduan pelaksanaan Hari Santri Nasional 2023 juga telah diterbitkan Kementerian Agama dalam SE 10 Tahun 2023 Tanggal 11 Oktober 2023.

Diketahui, peringatan Hari Santri ini sesuai dengan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 22 Tahun 2015 tentang Hari Santri. 

Edaran Kemenag tentang Hari Santri Nasional ini untuk memberikan panduan kepada para pemangku kepentingan, pesantren, santri serta masyarakat terkait kegiatan pelaksanaan peringatan Hari Santri 2023. 

Mengangkat tema "Jihad Santri Jayakan Negeri" diharapkan bisa memberi pesan saat Hari Santri dengan merayakan semangat dan dedikasi para santri sebagai pahlawan pendidikan dan perjuangan melawan kebodohan di Indonesia. 

Jihad di sini tidak merujuk kepada pertempuran atau peperangan tetapi dalam hal melawan kebodohan serta ketertinggalan. 

BACA JUGA:

Santri adalah pejuang ilmu pengetahuan yang tidak kenal lelah mengejar pengetahuan dan kebijaksaan menjadi senjata utama.

"Dalam tradisi Islam, jihad intelektual adalah cara untuk membela nilai keadilan, perdamaian, pengetahuan,. Santri sebagai teladan dalam menjalani jihad. Dengan buku sebagai senjata dan pena sebagai tongkat kebnijaksanaan untuk para santri memperdalam ilmu dan menyebarkan cahaya pengetahuan".

Berikut Panduan Pelaksanaan Hari Santri Nasional 2023 sesuai dengan Surat Edaran Kemenag:

  • Logo Hari Santri 2023 Logo Hari Santri 2023 bisa didownload di link INI
  • Apel Hari Santri Nasional dilaksanakan tanggal 22 Oktober 2023 pukul 07.00 WIB dilaksanakan terpisat di Tugu Pahlawan Kota Surabaya dengan inspektur apel Presiden Joko Widodo (Jokowi).
  • Peringatan Hari Santri bila dilakukan dengan sejumlah kegiatan seperti: zikir, salawat, munajat, doa dan kegiatan lainnya yang masih relevan atau sesuai dengan tema Hari Santri 2023. 
  • Sosialisasi tema, logo dan rangkaian kegiatan peringatan Hari Santri bisa dilakukan lewat website, media sosial, spanduk baliho, atau standing banner. 
  • Seluruh pelaksanaan kegiatan Hari Santri Nasional 2023 disesuaikan dengan kemampuan masing-masing dengan mengedepankan prinsip kesederhanaan dan kekhidmatan. 
  • Berikut panduan peringatan Hari Santri Nasional 2023 sesuai dengan Surat Edaran Kementerian Agama (Kemenag). 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: