Cara Shalat Sunnah Gerhana Bulan 29 Oktober 2023 Beserta Niatnya

Cara Shalat Sunnah Gerhana Bulan 29 Oktober 2023 Beserta Niatnya

Cara Shalat Sunnah Gerhana Bulan 29 Oktober 2023 Beserta Niatnya--nu.or.id

FIN.CO.ID - Berikut ini akan membagikan cara serta niat shalat gerhana  bulan yang diprediksi terjadi pada Minggu, 29 Oktober 2023.

Gerhana bulan sebagian diprediksi akan terjadi pada Minggu, 29 Oktober 2023 atau bertepatan dengan 14 Rabiulakhir 1445 H.  Fonemena ini terhalanginya cahaya matahari oleh bumi sehingga tidak semuanya sampai ke bulan.

Peristiwa yang merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi matahari, bumi, dan bulan ini hanya terjadi pada saat fase purnama dan dapat diprediksi sebelumnya. Fenomena ini umat islam disunnahkan untuk melaksanakan shalat gerhana bulan.

Menghadapi fenomena alam tersebut, Direktur Jenderal (Dirjen) Bimbingan Masyarakat Islam (Bimas Islam) Kementerian Agama Kamaruddin Amin mengajak umat Islam untuk melaksanakan Salat Gerhana Bulan atau Salat Khusuf.

BACA JUGA:

"InsyaAllah pada Minggu, 29 Oktober 2023 di sebagian wilayah Indonesia akan mengalami gerhana bulan," kata Kamaruddin Amin di Jakarta, Jumat 27 Oktober 2023 yang dilansir dari NU online.

"Karenanya, kami mengajak umat Islam yang mengalami gerhana bulan sebagian untuk melakukan Salat Sunah Khusuf sesuai tuntunan syariah," imbuhnya.

Gerhana bulan dalam bahasa Arab disebut “khusuf” dianjurkan untuk mengerjakan shalat sunnah dua rakaat atau shalat sunnah khusuf. Shalat sunnah ini terbilang sunnah muakkad.

Pelaksanaan shalat gerhana bulan diawali dengan shalat sunnah dua rakaat dan dilanjutnya denga dua khutbah seperti shalat idul fitri atau shalat Idul Adha di Masjid. Bedanya setiap rakaat shalat gerhana bulan dilakukan dua kali rukuk.

Sedangkan dua khutbah setelah shalat gerhana bulan ataupun matahari tidak dianjurkan takbir sebagaimana khutbah dua shalat Id. Jamaah shalat gerhana bulan adalah semua umat Islam secara umum sebagai jamaah shalat Id. Sedangkan imamnya dianjurkan adalah pemerintah atau naib dari pemerintah setempat.

Berikut ini akan membagikan tata cara dan niat shalat gerhana bulan.

BACA JUGA:

Niat Shalat Gerhana Bulan

Sebelum shalat, imam atau jamaah melafalkan niat berikut:    

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Ari Nur Cahyo

Tentang Penulis

Sumber: