Viral, Warga Bubarkan Ibadah Gereja di Tanjung Morawa

Viral, Warga Bubarkan Ibadah Gereja di Tanjung Morawa

Viral warga bubarkan ibadah gereja--

Ketua Komisi VIII DPR Ashabul Kahfi agar peristiwa itu diusut akar masalahnya dan diselesaikan agar tidak terjadi dikemudian hari. 

Diperlukan investigasi lebih jauh, apa akar masalah di Deli Serdang. Tiap daerah harus dilihat secara kasuistik" katanya, dikutip Selasa 17 Oktober 2023.

Menurut dia, sering terjadi peristiwa tersebut karena ketidaktaatan pada Peraturan Bersama Menteri (PBM) dalam Negeri dan Menteri Agama Nomor 8 dan 9 Tahun 2006 tentang Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan Pendirian Rumah Ibadah. 

"Kami ingin menegaskan pentingnya dialog antara pihak-pihak yang terlibat dalam konflik semacam ini. Dialog yang konstruktif dan saling menghormati adalah cara terbaik untuk menyelesaikan perbedaan pendapat dan konflik agama," kata Ashabul. 

Dia berharap agar insiden serupa tidak terjadi di masa depan dan mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk menghormati hak beragama sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945, serta menghargai aturan turunan yang berlaku. 

Ashabul menyebut bahwa kebebasan warga negara Indonesia harus dihormati dan dilindungi. 

Tindakan yang mengganggu atau menghambat pelaksanaan ibadah di tempat-tempat ibadah, katanya, adalah tindakan yang tidak sesuai dengan semangat Bhinneka Tunggal Ika, yang merupakan salah satu dasar negara Republik Indonesia. (*) 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: