Jika Gibran Jadi Cawapres Prabowo, Maka Otomatis Dicoret dari PDIP

Jika Gibran Jadi Cawapres Prabowo, Maka Otomatis Dicoret dari PDIP

Prabowo Subianto (kanan) dan Gibran Rakabuming Raka. (antara)--

FIN.CO.ID- Putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka digadang-gadang bakal menjadi calon wakil presiden dampingi Prabowo Subianto. 

Saat ini bahkan sejumlah relawan Gibran sebagai cawapres di Pilpres 2024 telah terbentuk. Hanya tinggal putusan Mahkamah Konstotis (MK) tentang gugatan batas umur capres-cawapres. 

Menanggapi itu, Ketua DPC PDIP Kota Solo FX Hadi Rudyatmo mengatakan, jika Gibran jadi Calon Wakil Presiden Prabowo Subianto, maka secara otomatis nama Gibran dicoret sebagai kader PDI-Perjuangan. 

"Ya otomatis (hangus keanggotaannya) toh ya. Yang mencalonkan itu siapa, di mana, sebagai apa?" kata Rudy di Solo Selasa 10 Oktober 2023.

Rudi menjelaskan, Gibran diusung oleh koalisi di luar PDI-Perjuangan. Maka otomatis keluar dari PDIP. 

BACA JUGA:

"Tidak usah keluar. Kalau sudah pindah partai ya otomatis (keluar) toh," lanjutnya.

Rudi mengaku tidak keberatan Gibran maju sebagao cawapres Prabowo Subianto. Sebab itu hak pribadi Wali Kota Solo tersebut. 

"Yo rapopo (Ya enggak apa-apa). Wong itu semua tergantung Mas Gibran sendiri to. Mas Gibran sendiri mau dicalonkan sebagai cawapresnya Pak Prabowo yo hak Mas Gibran sendiri," ujarnya.

Diketahui, beberapa pihak menggugat UU 7/2017 pasal 169 huruf q UU tentang usia minimal capres-cawapres yakni 40 tahun.

Mahkamah Konstitusi (MK) masih terus memproses gugatan uji materiil atas pasal tersebut. Tanggal 16 Oktober putusan MK dibacakan. Jika gugatan lolos, maka Gibran yang saat ini masih berusia 35 tahun, bisa maju dalam Pilpres 2024.

Lebih lanjut, FX Hadi Rudyatmo yang juga merupakan mantan Wali Kota Solo 2015-2021 mengatakan, ada beberapa kader PDIP yang otomatis keluar usai maju dari partai lain. 

BACA JUGA:

Misalnya, Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati yang pada tahun 2011 gagal di Pilkada Sragen saat maju lewat PDIP dan maju lagi lewat Gerindra tapi sekarang sudah kembali ke PDIP.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: