2 Komandan KKB Tewas, Jabatannya Komandan Batalyon dan Wakil Kepala Bidang Intelijen

2 Komandan KKB Tewas, Jabatannya Komandan Batalyon dan Wakil Kepala Bidang Intelijen

Aparat tengah mengevakuasi anggota KKB Papua yang tewas dalam baku tembak--Humas Polda Papua

“Jen Aloka Taplo terlibat dalam aksi penembakan, pembakaran fasilitas umum dan pembunuhan suster di Distrik Kiwirok bulan September 2021, serta terlibat pembunuhan tukang ojek di Kampung Mangabib, Distrik Oksebang tanggal 6 Desember 2022, serta penembakan dan pembakaran fasilitas umum di Distrik Oksibil bulan Januari lalu, " jelas dia.

Dia menambahkan  kelima anggota KKB itu tewas saat kontak tembak dengan anggota TNI-Polri di kampung Modusit Distrik Serambakon, Sabtu (30/9).

BACA JUGA:

Tim gabungan TNI-Polri juga mengamankan tiga pucuk senjata api dan dua di antaranya laras panjang dan sebuah pistol serta ratusan amunisi.

"Saat ini baik Distrik Serambakon maupun Distrik Oksibil sudah kembali kondusif dan aktivitas masyarakat berlangsung normal, "kata Kol Czi IGN Suriastawa.

 Sebanyak 5 anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua tewas saat baku tembak dengan aparat keamanan di Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua Pegunungan, Papua, Sabtu, 30 September 2023.

Kasatgas Damai Cartenz Kombes Pol. Faizal Rahmadhani mengakui kontak tim gabungan TNI-Polri dengan KKB Papua terjadi pada Sabtu dini hari di sekitar kawasan Oksibil.

Anggota KKB yang tewas diduga merupakan para pelaku berbagai aksi kekerasan bersenjata yang terjadi di Distrik Oksibil dan Distrik Serambakon Senin (18/9) dan Selasa (19/9).

"Ya benar, kami telah berhasil melumpuhkan empat anggota KKB yang berada di Kabupaten Pegunungan Bintang serta mengamankan dua pucuk senjata api," jelas  Faizal.


Senjata dan amunisi milik KKB Papua yang diamankan petugas--tni.mil.id

Diakui, hingga kini belum dapat teridentifikasi identitas keempat anggota KKB.

"Proses evakuasi sedang dilakukan karena anggota di lapangan masih sedang melakukan pembersihan," kata Faizal.

BACA JUGA:

Kapolres Pegunungan Bintang AKBP Dafi Bastoni, menambahkan penegakan hukum yang dilakukan di Pegunungan Bintang melibatkan berbagai pasukan TNI-Polri antara lain dari Satgas Gakkum yaitu Tim Delta, Brimob Resimen III, Kopasus yaitu Satgas Nanggala, Brimob Sulawesi Utara, Satgas Pamtas Yonif 310/KK yaitu Satgas dan Polres Pegunungan Bintang.

"Keberhasilan ini merupakan hasil kerjasama antara TNI-Polri yang tergabung dalam Satgas Damai Cartenz maupun Satgas Pamtas bertugas di Pegubin, " kata Kapolres Pegunungan Bintang AKBP Dafi.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: