5 Anggota KKB Papua Tewas Saat Baku Tembak dengan Aparat Keamanan di Pegunungan Bintang

5 Anggota KKB Papua Tewas Saat Baku Tembak dengan Aparat Keamanan di Pegunungan Bintang

Aparat tengah mengevakuasi anggota KKB Papua yang tewas dalam baku tembak--Humas Polda Papua

FIN.CO.ID - Sebanyak 5 anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua tewas saat baku tembak dengan aparat keamanan di Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua Pegunungan, Papua, Sabtu, 30 September 2023.

Kasatgas Damai Cartenz Kombes Pol. Faizal Rahmadhani mengakui kontak tim gabungan TNI-Polri dengan KKB Papua terjadi pada Sabtu dini hari di sekitar kawasan Oksibil.

Anggota KKB yang tewas diduga merupakan para pelaku berbagai aksi kekerasan bersenjata yang terjadi di Distrik Oksibil dan Distrik Serambakon Senin (18/9) dan Selasa (19/9).

"Ya benar, kami telah berhasil melumpuhkan empat anggota KKB yang berada di Kabupaten Pegunungan Bintang serta mengamankan dua pucuk senjata api," jelas  Faizal.


Senjata dan amunisi milik KKB Papua yang diamankan petugas--tni.mil.id

Diakui, hingga kini belum dapat teridentifikasi identitas keempat anggota KKB.

"Proses evakuasi sedang dilakukan karena anggota di lapangan masih sedang melakukan pembersihan," kata Faizal.

BACA JUGA:

Kapolres Pegunungan Bintang AKBP Dafi Bastoni, menambahkan penegakan hukum yang dilakukan di Pegunungan Bintang melibatkan berbagai pasukan TNI-Polri antara lain dari Satgas Gakkum yaitu Tim Delta, Brimob Resimen III, Kopasus yaitu Satgas Nanggala, Brimob Sulawesi Utara, Satgas Pamtas Yonif 310/KK yaitu Satgas dan Polres Pegunungan Bintang.

"Keberhasilan ini merupakan hasil kerjasama antara TNI-Polri yang tergabung dalam Satgas Damai Cartenz maupun Satgas Pamtas bertugas di Pegubin, " kata Kapolres Pegunungan Bintang AKBP Dafi.

Sementara Kapuspen TNI Laksda Julius Widjojono menambahkan prajurit TNI dari Tim Nanggala, yang berada dibawah Satgas Damai Cartenz Polri mengamankan 3 pucuk senjata (1 AR 10, 1 SS1 dan 1 pistol FN), ratusan amunisi kaliber 5,56 mm dan 9 mm dan 5 orang KSTP tewas bertempat di Kampung Modusit Serambakon Pegubin.

“Laporan dari lapangan yang saya terima, Tim Nanggala TNI yang tergabung Satgas Damai Cartenz pagi ini berhasil melumpuhkan 5 KSTP dengan menembak mati, dan mengamankan 3 pucuk senjata serta ratusan amunisi kaliber  5,56 mm dan 9 mm, untuk KSTP lainnya melarikan diri beserta senjatanya,” jelasnya dikuti laman resmi TNI, Minggu, 1 Oktober 2023.

Sebelumnya KST Pegunungan Bintang ini terlibat dalam berbagai gangguan keamanan dan aksi kriminal. KST telah terlibat gangguan dan pembunuhan terhadap masyarakat sejak awal tahun 2023. Mereka menyerang dan merampok masyarakat, serta menyerang pemerintah kabupaten dan aparat desa jika tidak menyetor sejumlah uang kepada mereka. 

Mereka terlibat berbagai gangguan pada lalu lintas penerbangan di sekitar bandara, menembak aparat Brimob yang berpatroli hingga tewas, menembak aparat Satpos PP, membakar rumah dinas DPRD dan kios warga hingga ludes.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: