Muhammadiyah: Tidak Ada Perintah untuk Merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW

Muhammadiyah: Tidak Ada Perintah untuk Merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW

Ilustrasi Muhammadiyah--

BACA JUGA:

Tidal Boleh Berlebihan dalam Perayaan Maulid Nabi


Maulid Nabi-Pngtree-

 

Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Dadang Kahmad ingatkan agar umat Islam agar tidak berlebihan apalagi sampai mengkultuskan sosok Nabi Muhammad Saw saat merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW. 

“Mungkin harus hati-hati karena menghormati seseorang itu jangan sampai kita menjurus pada kultus individu, yaitu memuja manusia secara berlebihan,” ujarnya dalam Catatan Akhir Pekan TvMu. 

Dadang berpesan agar dalam kegiatan Maulid tidak meletakkan sifat-sifat yang dimiliki Allah Swt kepada Nabi Saw, misalnya menganggap Nabi Muhammad sebagai pemberi rezeki dan lain sebagainya.

"Jadi mungkin sikap kita pada Nabi Muhammad adalah sikap yang hormat, yang penuh dengan penghormatan sedemikian rupa mencontoh tingkah laku Nabi" ujarnya. 

"Jangan jadikan Nabi Muhammad itu sebagai sosok yang bisa memberi rezeki, yang bisa menyelamatkan, yang bisa memberikan mudarat karena itu adalah hak Allah,” terang Dadang.

Lebih lanjut, dirinya berpesan agar di dalam Maulid, umat Islam memperbanyak salawat dan bukan berdoa meminta pada Rasulullah. 

Selain itu, Dadang berpesan agar umat Islam meneladani akhlak Rasulullah Saw dan mempelajari perjuangan Nabi Muhammad Saw.

“Oleh karena itu Rasulullah Saw kita peringati hari lahirnya ini untuk kita ambil ibrah, pelajaran bagi kita terutama akhlak mulia kanjeng Rasulullah Saw. Karena itu yang ditonjolkan oleh Allah, innaka la’ala khuluqin adhim. Sesungguhnya engkau itu Muhammad memiliki akhlak yang agung,” ujar Dadang.

“Jadi untuk itu mungkin dengan diadakannya Maulid Nabi itu, tidak hanya menceritakan kelahiran Nabi itu kapan, bahwa nama ibunya Siti Aminah, ayahnya Sayid Abdullah, bukan hanya itu. Yang mungkin perlu kita sampaikan pada umat itu bagaimana Nabi Muhammad Saw itu berjuang, berpribadi sehingga oleh Allah dipuji sebagai orang yang punya akhlakul karimah,” pungkasnya. (*) 

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: