Ngeri... Harga Beras Meroket Tajam

Ngeri... Harga Beras Meroket Tajam

Harga Beras meroket tajam--net

Harga Beras - Harga beras meroket tajam memasuki musim kemarau. Harga beras rata-rata nasional di tingkat pedagang  mencapai Rp12.190 per kg untuk beras medium. Sementara untuk beras premiun mencapai ke Rp13.850 per kg.

Kenaikan harga beras tak terbendung sejak Agustus 2022. Pada Agustus 2022 harga beras tercatat Rp10.780 per kg, sementara di Agustus 2023 sudah di Rp12.190 per kg untuk jenis medium.

Sedangkan untuk jenis premium pada Agustus 2022 tercatat di Rp12.310 per kg, naik ke Rp13.690 per kg pada Agustus 2023.

Menyikapi harga beras yang terus makin meroket, Perum Bulog Cabang Ponorogo, Jawa Timur, melakukan langkah operasi pasar.

"Operasi pasar menjadi opsi yang paling memungkinkan untuk menstabilkan harga beras agar tidak terjadi lonjakan," kata Kepala Cabang Bulog Ponorogo, Aan Sugiarto, dikutip Jumat, 25 Agustus 2023.

Untuk langkah operasi pasar itu, Bulog Ponorogo telah mencadangkan stok beras di gudang-gudang penyimpanannya yang mencapai 9.430 ton.

BACA JUGA:

Jumlah itu disebut Aan cukup untuk melakukan operasi pasar secara berkala di sejumlah titik pasar tradisional setiap pekan.

Kebutuhan konsumsi sekitar 2.140 ton per bulan untuk tiga kabupaten Magetan, Pacitan dan Ponorogo. Dibandingkan dengan stok untuk tiga bulan ke depan aman," urainya.

Aan menambahkan setiap seminggu sekali pihaknya melakukan penyaluran beras Bulog kepada para pedagang. Setiap droping beras tersebut pihaknya menyediakan empat ton kepada para pedagang untuk dijual dengan harga HET.

"Sudah rutin kamj salurkan setiap Minggu, kami  harapkan tentu melalui SPHP ini harga bisa tertahan," katanya

Menurutnya meroketnya harga beras dipenagruhi naiknnya harga gabah kering.

"Kalau harga gabahnya saja naik, otomatis harga beras juga menyesuaikan," katanya.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: