Unik, Anak Bupati Ponorogo Bernama Jian Ayune Sundul Langit, Ini Artinya Dalam Bahasa Jawa

Unik, Anak Bupati Ponorogo Bernama Jian Ayune Sundul Langit, Ini Artinya Dalam Bahasa Jawa

Jian Ayune Sundul Langit--instagram

Jian Ayune Sundul Langit- Putri sulung Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko jadi bahan perbincangan netizen. Pasalnya, wanita berparas cantik itu memiliki nama yang unik, yakni Jian Ayune Sundul Langit. 

Jian Ayune Sundul Langit merupakan nama yang diambil dari bahasa Jawa.  Dalam arti harfiah, Jian artinya wah untuk mengungkapkan rasa kagum. 

Sementara Ayune diambil dari kata Ayu yang artinya cantik. Lalu Sundul adalah menyundul atau mentok. Sedangkan Langit artinya tidak ada yang lebih tinggi. Jadi Jian Ayune Sundul Langit bisa diartikan rasa kagum karena cantiknya mentok sampai ke langit

Istri Bupati Ponorogo, Susilowati Sugiri Sancoko,mengungkapkan bahwa kata “Sundul Langit” terinspirasi dari sosok Putri Raja Kediri, Dewi Songgolangit.

Dewi Songgolangit adalah tokoh dalam legenda rakyat Ponorogo. Ia adalah putri dari Kerajaan Kediri yang memiliki kecantikan yang luar biasa. Dewi Songgolangit dicintai oleh banyak pangeran, termasuk Prabu Klono Sewandono, Raja Kerajaan Bantarangin. 

BACA JUGA:

“Kalau digabung semua, artinya anak kita cantik tidak hanya di wajah saja, tetapi juga cantik perilakunya,” ungkap Susilowati Sugiri Sancoko kepada wartawan. 

Sementara itu, Bupati Ponorogo mengatakan, penamaan itu karena dia dan istrinya tidak bisa bersastra. Sehingga tercetuslah nama tersebut yang tampak apa adanya.

“Nama anak-anak saya sederhana, tetapi tetap memiliki makna,” ungkapnya.

Selain Nama Jian Ayune Sundul Langit, mereka juga menamakan anak yang kedua dengan nama Lintang Panuntun Kolbu. Sementara untuk anak ketiganya bernama Gibran Cahyaning Pengeran.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: