SMF Catatkan Kinerja Penyaluran Dana ke Sektor Pembiayaan Perumahan Berkesinambungan di Semester I- 2023

SMF Catatkan Kinerja Penyaluran Dana ke Sektor Pembiayaan Perumahan Berkesinambungan di Semester I- 2023

Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo (Tengah), memberikan paparan terkait kinerja Semester I 2023 PT Sarana Multigriya Finansial, di Ramang-Ramang, Desa Salenrang, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Jumat 11 Agustus 2023-Sigit Nugroho-

Program ini bertujuan memberikan pendanaan kepada masyarakat yang tinggal di daerah kumuh untuk membangun/merenovasi rumahnya agar layak untuk dihuni. Sampai dengan semester I 2023, Perseroan telah meningkatkan kualitas rumah di daerah kumuh sebanyak 398 rumah dengan serapan anggaran mencapai Rp28,75 miliar di 17 kota/kabupaten seluruh Indonesia.

Kinerja bisnis SMF hingga semester I 2023 berhasil mendongkrak sisi keuangan Perseroan. Per Juni 2023 SMF berhasil mencatatkan aset sebesar Rp34,27 triliun atau tumbuh sebesar 4 persen dibandingkan posisi pada akhir tahun 2022. 

Pendapatan pada semester I 2023 tercatat sebesar Rp982 miliar sehingga SMF dapat menghasilkan laba bersih sebesar Rp245 miliar. Capaian laba bersih tersebut lebih tinggi sekitar 26 persen dibandingkan periode yang sama di tahun lalu.

Terkait strategi dan rencana kerja hingga akhir tahun 2023, Ananta mengungkapkan bahwa Perseroan akan fokus pada dalam memperkuat peran dan fungsinya sesuai dengan perluasan mandat dari Pemerintah untuk dapat mendorong perkembangan ekosistem pembiayaan perumahan di Indonesia.

Pada Januari tahun 2023 ini Perseroan ditunjuk sebagai Sekretariat Ekosistem Pembiayaan Perumahan yang memiliki peran sebagai katalisator pengembangan sektor perumahan. Peran SMF sebagai Sekretariat Ekosistem Pembiayaan Perumahan memiliki peran yang krusial sebagai wadah koordinasi antara pemangku kepentingan di sektor perumahan dan pembiayaan perumahan serta menghubungkan kebijakan pemerintah disandingkan dengan pemangku kepentingan di sektor perumahan.

Sekretariat ini bertujuan membuka jalan bagi terciptanya sebuah Rencana Kerja Bersama pengembangan sektor perumahan yang harmonis, efisien, dan efektif. (*)

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: