Jokowi Resmikan Tol Bocimi Seksi 2 Cigombong-Cibadak 11,9 Km, Jakarta-Sukabumi Kini Hanya 2,5 Jam

Jokowi Resmikan Tol Bocimi Seksi 2 Cigombong-Cibadak 11,9 Km, Jakarta-Sukabumi Kini Hanya 2,5 Jam

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pengoperasian Tol Bocimi Seksi 2, Cigombong-Cibadak sepanjang 11,9 km, di Gerbang Tol Parungkuda, Sukabumi, Jumat 4 Agustus 2023-Sigit Nugroho-

Tol Bocimi - Presiden Joko Widodo.(Jokowi)  meresmikan Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) Seksi II Cigombong - Cibadak, sepanjang 11,9 kilometer yang berada di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Jumat 4 Agustus 2023. 

Presiden Jokowi menghadiri acara peresmian tersebut didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir, serta Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. 

"Alhamdulillah pada hari ini Jalan Tol Ciawi-Sukabumi ruas Cigombong-Cibadak sepanjang 11,9 kilometer sudah selesai dan siap dioperasikan," kata Jokowi. 

Jokowi mengatakan, pembangunan tol Bocimi Seksi 2 tersebut menghabiskan anggaran Rp3,2 triliun. Adapun jalan tol tersebut memiliki fungsi salah satunya sebagai dukungan bagi daerah-daerah pariwisata yang terletak di sekitar Sukabumi. 

"Kita harapkan dengan selesainya ruas jalan ini, kalau kita ke Pelabuhan Ratu, ke Ciletuh, ke Ujung Genteng, ke Gunung Gede, yang sebelumnya dari Jakarta kalau ke Sukabumi itu memakan waktu sampai 5 jam, kadang bisa sampai 6 jam," ujar Jokowi. 

Jokowi juga menyebut, dengan selesainya jalan tol tersebut, maka durasi perjalanan dari Jakarta ke Sukabumi yang semula memakan waktu hingga 6 jam, kini bisa dipersingkat menjadi hanya 2,5 jam saja. 

BACA JUGA:

"Sekarang dengan adanya jalan tol ini hanya kurang lebih 2,5 jam. Ini akan mempercepat mobilitas orang, mempercepat mobilitas barang," ungkapnya. 

Percepatan tersebut diharapkan mampu meningkatkan investasi ke wilayah Jawa Barat.

"Karena dari survei, para investor yang ada, Provinsi Jawa Barat menduduki rangking yang pertama untuk investasi, alasannya yang pertama karena jalan-jalan tol yang ada di Provinsi Jawa Barat itu yang paling banyak dibangun," ungkap Jokowi. 

Akan Disambungkan Hingga Padalarang

Sebelumnya, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Miftachul Munir mengatakan, nantinya ruas tol Bocimi akan diteruskan hingga terhubung ke Ciranjang dan Padalarang. Penyambungan tol Bocimi hingga kawasan Padalarang itu sesuai Perpres Nomor 87 Tahun 2021. 

"Tujuannya untuk mendivert kepadatan di tol Cipularang," ujar Munir.

Munir mengatakan, kondisi tol Cipularang saat ini sudah tidak bisa dikembangkan lagi. Sementara itu Lintas Harian Rata-rata (LHR) tol Cipularang sudah terlalu padat. 

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: