Pecah Potensi Kepadatan Tol Cipularang, Kementerian PUPR Siapkan Sambungan Tol Bocimi ke Padalarang

Pecah Potensi Kepadatan Tol Cipularang, Kementerian PUPR Siapkan Sambungan Tol Bocimi ke Padalarang

Foto udara proyek Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) di Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/agr.--

Kementerian PUPR - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berencana menyambungkan ruas tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) hingga ke Padalarang, Kabupaten Bandung. 

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Miftachul Munir mengatakan, penyambungam tol Bocimi hingga kawasan Padalarang itu sesuai Perpres Nomor 87 Tahun 2021. 

"Tujuannya untuk mendivert kepadatan di tol Cipularang," ujar Munir menjawab pertanyaan Fin.co.id di sela peresmian tol Bocimi Seksi 2 Cigombong-Cibadak, Jumat 4 Agustus 2023. 

Munir mengatakan, kondisi tol Cipularang saat ini sudah tidak bisa dikembangkan lagi. Sementara itu Lintas Harian Rata-rata (LHR) tol Cipularang sudah terlalu padat. 

"Jadi nanti kalau ke Bandung bisa lewat selatan, untuk memecah kepadatan," tuturnya. 

Seperti diketahui, ruas jalan Tol Bocimi Seksi II sudah menjalani Uji Laik Fungsi (ULF) dan Uji Layak Operasi (ULO) pada 3-4 Juli 2023. Di dalam seksi II ini terdapat 9 jembatan utama dan 8 jalur penyebarangan.

BACA JUGA:

Sebelumnya, ruas tol Bocimi Seksi I Ciawi-Cigombong sepanjang 15,35 km telah beroperasi sejak bulan Desember 2018 lalu.

Seksi 2 Cigombong-Cibadak yang diresmikan  hari ini, sudah difungsionalkan sejak arus mudik lebaran 15 April 2023 sampai dengan 1 Mei 2023. (*)

 

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: