100 Hari Menjelang Piala Dunia U-17 2023, Ini Catatan FIFA untuk PSSI!

100 Hari Menjelang Piala Dunia U-17 2023, Ini Catatan FIFA untuk PSSI!

Trofi Piala Dunia U-17.--

Piala Dunia U-17 - Hanya tersisa 100 hari lagi, Indonesia akan menjadi tuan rumah dalam perhelatan Piala Dunia U-17. Pembukaan turnamen itu rencananya akan dilakukan di Jakarta pada Jumat, 10 November 2023 atau bertepatan dengan hari pahlawan.

Guna mempersiapkan Piala Dunia U-17 dengan baik, Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir, meminta dukungan dari semua pihak untuk turut mensukseskan.

"Hari ini, pukul tiga (petang) tadi, saya sudah bertemu dengan (perwakilan) FIFA. Dari diskusi tersebut, kami mencoba menawarkan beberapa usulan," ucap Erick dalam jumpa pers di Gelora Bung Karno, Jakarta pada Rabu 2 Agustus 2023.

Selain itu Erick juga menyampaikan kalau FIFA memberikan sejumlah catatan kepada PSSI. 

"Kami usulkan, Timnas juga main di Jakarta. Semifinal dan Final digelar di Solo. Dan untuk itu ada beberapa perbaikan yang sedang didorong FIFA," terang Erick.

Menanggapi usulan itu, FIFA meminta PSSI untuk menyiapkan fasilitas latihan yang sesuai standar. Artinya di Jakarta perlu tambahan dua lapangan latihan dan di Bandung harus ditambahkan satu lagi.

Tak hanya itu, di sisa waktu yang sudah semakin mepet ini FIFA meminta agar PSSI menjaga kondisi rumput di seluruh stadion yang sudah di inspeksi oleh FIFA. Dengan meningkatkan intensitas perawatan.

Untuk itu FIFA berencana mendatangkan sejumlah ahli rumput dari Australia serta tim yang lebih besar lagi pada 15-26 Agustus 2023.

"Ada delapan stadion yang diusulkan, dimana enam di antaranya adalah yang sudah direview untuk U-20 lalu. Dari kesepakatan budget sepertinya mengerucut menjadi enam stadion, sehingga ada satu kota dua grup. Dan, FIFA percaya, empat stadion cukup," papar Erick.

Lebih lanjut Erick mengatakan kalau PSSI akan segera berdiskusi dengan Kementerian PUPR, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Pemerintah Daerah dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

"Malam ini, saya bertemu ke Menpora untuk membicarakan persiapan stadion tersebut sebelum 26 Agustus 2023, sebelum FIFA datang lagi," ungkap sosok yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN tersebut.

Ketika koordinasi dengan FIFA, Erick juga menawarkan agar putaran Piala Dunia FIFA U-17 2023 dilaksanakan di Jakarta untuk dua grup, Bandung dua grup, Solo satu grup, dan Surabaya satu grup.

Daftar peserta Piala Dunia U-17

Asia

  1. Indonesia (Tuan Rumah)
  2. Iran
  3. Jepang
  4. Korea Selatan
  5. Uzbekistan

Afrika

  1. Burkina Faso
  2. Mali
  3. Maroko
  4. Senegal

Amerika Utara, Tengah dan Kepulauan Karibia

  1. Kanada
  2. Meksiko
  3. Panama
  4. Amerika Serikat

Amerika Selatan

  1. Argentina
  2. Brasil
  3. Ekuador
  4. Venezuela

Oceania

  1. Kaledonia Baru
  2. Selandia Baru

Eropa

  1. Inggris
  2. Prancis
  3. Jerman
  4. Polandia
  5. Spanyol

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Vitalis Yogi T.

Tentang Penulis

Sumber: