Total LHKPN Dito Ariotedjo Rp282 Miliar, Hasil Hadiah Rp162 Miliar

Total LHKPN Dito Ariotedjo Rp282 Miliar, Hasil Hadiah Rp162 Miliar

Menpora RI Dito Ariotedjo.-kemenpora.go.id-

Total LHKPN Dito Ariotedjo Rp282 Miliar - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kaget dengan laporan harta kekayaan pejabat negara (LHKPN) Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo.

Total LHKPN Dito Ariotedjo mencapai Rp282,4 miliar. KPK pun akan melakukan klarifikasi terhadap Dito soal LHKPN, salah satunya harta hadiah orang tuan senilai Rp161,5 miliar. 

Deputi Bidang Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan mengatakan pihaknya tengah menelusuri asal usul pemberian hadiah yang dilaporkannya itu.  

"Katanya hadiah istrinya sebagian besar, ya sedang kita lihat hadiahnya dari siapa, dalam bentuk apa, kapan. Itu yang sedang kita lihat sekarang," katanya di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Selasa, 18 Juli 2023.  

Pahala menegaskan hasil penelusuran LHKPN Dito nantinya akan segera dilaporkan ke pimpinan KPK.  

"Yang jelas kalau ada bukti saya laporan dulu sama juragan saya, sama pimpinan. Kan selalu paparan LHKPN dua minggu sekali. Kalau diperintahkan masuk lidik (penyelidikan), masuk," ujarnya.  

BACA JUGA:

Pahala juga menyebut keterangan hadiah di harta milik Dito Ariotedjo membuat pihaknya kaget.  

"Kita belum lihat hadiahnya dari siapa kan. Kita juga nggak tahu ini salah kasih nama hadiah sebenarnya warisan atau hibah nggak tau kita. Karena istilah hadiah kan kita kaget juga," katanya.  

Hal tersebut lantaran opsi hadiah tidak ada dalam pengisian asal usul harta kekayaan penyelenggara negara.  

"Biasanya hibah tanpa akta, hibah pakai akta, warisan, itu kan opsi yang ada kan itu. Kalau hadiah kan mungkin hadiah kecil-kecil aja kan jam tangan," ujar Pahala.  

Dito Ariotedjo Siap Klarifikasi Harta Hadiah

Menpora Dito Ariotedjo menyatakan siap jika dimintai klarifikasi KPK terkait LHKPN.

BACA JUGA:

Dito mengatakan dirinya menyampaikan LHKPN ke KPK pada 12 Juli 2023.  Dalam laporannya dia memerinci bahwa dari lima aset tanah yang dilaporkannya, empat merupakan pemberian dari orang tua sehingga dikategorikan sebagai hadiah.  

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: