Pengumuman! Tol Bakauheni - Terbanggi Besar dan Medan - Binjai Resmi Dikelola INA

Pengumuman! Tol Bakauheni - Terbanggi Besar dan Medan - Binjai Resmi Dikelola INA

Penandatanganan Konfirmasi Diselesaikannya Transaksi (“Konfirmasi”) dua ruas antara Hutama Karya dan INA dilaksanakan pada hari ini, Kamis 13 Juli 2023 di Menara Danareksa, Jakarta-Credit Image: Hutama Karya-

Hutama Karya - PT Hutama Karya (Persero) atau HK, secara resmi melepas kepemilikan ruas tol Bakauheni - Terbanggi Besar dan Medan - Binjai, yang merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). 

Hal itu ditandai dengan adanya kerja sama investasi dengan Indonesia Investment Authority (INA).

Kegiatan Penandatanganan Konfirmasi Diselesaikannya Transaksi (“Konfirmasi”) dua ruas antara Hutama Karya dan INA dilaksanakan pada hari ini, Kamis 13 Juli 2023 di Menara Danareksa, Jakarta.

Penandatanganan Konfirmasi Diselesaikannya Transaksi (“Konfirmasi”) ini dilakukan antara Direktur Utama Hutama Karya Budi Harto, dan Ketua Dewan Direktur INA Ridha Wirakusumah, sebagai bentuk penyelesaian transaksi kerjasama investasi, serta turut disaksikan oleh Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo.

Dalam sambutannya, Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo, mengatakan investasi ini merupakan posisi yang strategis di Sumatera untuk bisa memperkuat konektivitas, meningkatkan aktivitas ekonomi, dan meningkatkan efisiensi logistik.

“Dimana kita tau Sumatera sangat penting untuk Indonesia, kita juga bisa melihat dengan data, bahwa dengan terjadinya (JTTS) ini hadir pusat – pusat ekonomi baru dan trafik terus meningkat,” ujar Kartika, dikutip dari dalam keterangan resmi, Kamis 13 Juli 2023.

BACA JUGA:

Lebih lanjut melalui transaksi kerja sama investasi ini diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan investor yang serta mendukung percepatan penyelesaian ruas-ruas JTTS lainnya.  Tidak hanya itu, Kementerian BUMN juga memiliki komitmen untuk melakukan penyehatan iklim investasi BUMN.

Sementara itu, Direktur Utama Hutama Karya Budi Harto, mengatakan bahwa penyelesaian transaksi investasi ini merupakan rangkaian kerja sama investasi antara Hutama Karya bersama INA sejak 2 tahun lalu. 

Hal ini berdasarkan kajian yang telah dilakukan oleh perusahaan khususnya terhadap dua ruas yang dipisahkan yakni Jalan Tol Medan – Binjai dan Jalan Tol Bakauheni – Terbanggi Besar.

“Bagi Hutama Karya, kerjasama investasi ini diharapkan dapat memberikan efek multiplikasi pada pembangunan JTTS yang berkelanjutan, dan menurunkan pinjaman perusahaan dalam membangun Jalan Tol Trans Sumatera,” ujar Budi.

Lebih lanjut Budi menambahkan bahwa pemilihan kedua ruas ini juga didasari oleh tren positif yang dicatatkan oleh Hutama Karya terhadap Lalu Lintas Harian (LHR), dimana untuk Tol Bakter dilintasi sekitar 35.451 kendaraan per harinya dan untuk kondisi normal Tol Mebi dilintasi sebanyak 43.404 kendaraan per harinya Kedua ruas tol ini memenuhi kesesuaian terhadap business plan salah satunya Internal Rate of Return (IRR) bagi investor.

Dalam kerja sama investasi ini, nilai transaksi sebesar Rp 20,55 triliun yang ditujukan untuk mendorong penyelesaian pembangunan ruas-ruas Jalan Tol Trans Sumatera lainnya. 

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: