Segera Dioperasikan, JTTS Binjai – Langsa Seksi Binjai – Pangkalan Brandan Jalani Uji Laik Fungsi

Segera Dioperasikan, JTTS Binjai – Langsa Seksi Binjai – Pangkalan Brandan Jalani Uji Laik Fungsi

Uji Laik Fungsi (ULF) Jalan Tol Binjai – Langsa seksi Binjai – Pangkalan Brandan segmen Stabat – Kwala Bingai sepanjang 7 km-Credit Image: Hutama Karya-

JTTS Hutama Karya - PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) telah menuntaskan Uji Laik Fungsi (ULF) Jalan Tol Binjai – Langsa seksi Binjai – Pangkalan Brandan segmen Stabat – Kwala Bingai sepanjang 7 km. 

Jalan tol itu merupakan jaringan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), yang secara mayoritas digarap dan dioperatori oleh Hutama Karya. 

Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari mulai Senin 10 Juli 2023 hingga Selasa 11 Juli 2023 kemarin.

ULF bertujuan untuk memastikan semua persyaratan spesifikasi teknis dan fasilitas perlengkapan jalan terpenuhi.

“Dalam upaya mempercepat pengoperasian jalan tol, ULF dilakukan pada segmen tol Stabat – Kwala Bingai dan juga gerbang tol Kwala Bingai untuk memastikan semua telah sesuai standar, baik dari sisi keselamatan lalu lintas maupun kualitas jalan tol itu sendiri,” ujar pungkas Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan PT Hutama Karya (Persero)  Tjahjo Purnomo dalam keterangannya, Rabu 12 Juli 2023. 

Tjahjo mengungkapkan, dalam ULF kemarin, dilakukan oleh tim yang terbagi menjadi 3 sub tim yakni Sub Tim 1 Bidang Keselamatan dan Manajemen Lalu Lintas Jalan, Sub Tim 2 Bidang Sarana Jalan, Jembatan dan Bangunan Pelengkap, dan Sub Tim 3 Bidang Operasi dan Administrasi. 

Pelaksanaan uji spesifikasi ini dilakukan bersama sejumlah pihak seperti, Ditjen Perhubungan Darat, Korlantas Polri, KKJJ Bintek, PJBH, BBPJN Sumut Subdit Pengadaan Lahan.

BACA JUGA:

Lingkup pemeriksaan pada segmen tol ini terbagi menjadi 2 jalur yakni Jalur A dan B. Jalur A meliputi Ramp Stabat, Sta. 11+800 – Sta. 19+350 dan Off Ramp Kwala Bingai, sedangkan Jalur B meliputi On Ramp Kwala Bingai, Sta. 19+350 – Sta. 0+000 dan Ramp 4 Stabat. 

Setelah rangkaian uji spesifikasi dilaksanakan, akan dilakukan pembahasan terkait hasil pengujian dari setiap tim inspeksi pada Rapat Pleno Hasil Pemeriksaan. 

Jalan tol Binjai – Pangkalan Brandan dengan total panjang 58 km terdiri dari 3 seksi, dengan rincian seksi 1 Binjai – Stabat (12,3 km) yang telah dioperasikan pada bulan Februari tahun 2022, seksi 2 Stabat – Tanjung Pura (26,2 km), dan seksi 3 Tanjung Pura – Brandan sepanjang 18, 9 km. 

Adapun hingga akhir Juni, akumulasi progres konstruksi dari kedua seksi jalan tol Binjai – Pangkalan Brandan sudah mencapai 80 persen dengan pengadaan lahan yang terus berprogres mencapai 96 persen. 

Sebagai informasi, pembangunan segmen Tol Stabat – Kwala Bingai merupakan bagian dari pembangunan jalan tol seksi 2 Stabat – Tanjung Pura dengan panjang 26,2 km.

Lengkapnya, Jalan Tol Binjai – Pangkalan Brandan memiliki kecepatan rencana 100 km/jam dengan jumlah lajur di tahap awal yakni 2x2. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: