Diskon Tarif Tol 20 Persen Saat Lebaran Gak Bikin Rugi jasa Marga dan Hutama Karya, Malah Untung

Diskon Tarif Tol 20 Persen Saat Lebaran Gak Bikin Rugi jasa Marga dan Hutama Karya, Malah Untung

Diskusi soal evaluasi arus mudik dan arus balik Lebaran 2023 di Media Center Kementerian PUPR, Rabu 10 Mei 2023-Sigit Nugroho untuk FIN.CO.ID-

Diskon Tarif Tol - Diskon tarif tol sebesar 20 persen yang diberikan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) dan PT Hutama Karya (Persero) atau HK, ternyata tidak membuat kedua perusahaan itu rugi.

Justru, kedua BUJT itu meraup untung dari peningkatan jumlah traffic selama periode Lebaran 2023.

Diskon tarif tol sebesar 20 persen saat mudik dan balik lebaran 2023 lalu tidak berdampak signifikan terhadap penurunan pendapatan perseroan.

Operation and Maintenance Management Group Head Jasa Marga Atika Dara Prahita mengatakan justru pemberian diskon tarif tol yang diadakan pada 16 - 18 April 2023 untuk arus mudik dan 26 - 28 April 2023 memberikan dampak yang positif terhadap pendapatan perseroan.

BACA JUGA:

  1. Jasa Marga Catat 1,096 Juta Kendaraan Keluar Jakarta Dalam 10 Hari Arus Mudik
  2. Goodbye Macet! Tol Puncak Bakal Dibangun, Saat ini Masih Tahap Kajian Dengan Nilai Investasi Sekitar Rp25 T

Peningkatan traffic selama periode mudik lebaran jika dibandingkan dengan lalu lintas (lalin) normal mencapai hingga 20 persen.

"Sejauh ini yang kami evaluasi untuk periode mudik dan balik ada peningkatan pendapatan sehingga kami bisa disimpulkan pemberian diskon itu sebagai insentif dan sangat baik terhadap distribusi lalin, jadi memang ada peningkatan dari kondisi normal kurang lebih 20 persen," ujar Atika dalam diskusi Forum Sahabat Infrastruktur bertema evaluasi arus mudik dan balik lebaran 2023 di Media Center Kementerian PUPR , Rabu 10 Mei 2023.

Lebih lanjut Atika menegaskan bahwa kebijakan diskon tarif tol merupakan upaya untuk mencegah terjadinya penumpukan kendaraan selama mudik dan balik lebaran yang selalu terjadi setiap momentum itu tiba. 

Kebijakan ini terbukti efektif mengurai kepadatan kendaraan karena terjadi distribusi lalu lintas yang mencapai 20 persen juga.

BACA JUGA:

  1. Kenaikan Traffic Tol Jasa Marga Selama Periode Lebaran Sebesar 4 Persen
  2. Jasa Marga Segera Operasikan Tol Serpong-Cinere Seksi 2

"Berdasarkan evaluasi kami dengan adanya diskon ini bisa mendistribusikan lalin sebesar 20 persen, yang semula diprediksikan lebih rendah ternyata realisasinya lebih tinggi," ulasnya.

Hal yang sama juga terjadi pada Hutama Karya, dimana diskon tarif tol ini tidak terlalu berpengaruh terhadap pendapatan tol. 

Executive Vice President Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya Dwi Aryono Bayuaji mengatakan bahwa diskon tarif tersebut memberikan efek pada peningkatan pendapatan walaupun kecil.

"Dengan diskon tarif itu kan distribusi lalu lintas terpecah sehingga arus semakin lancar. Dengan arus lalu lintas yang lancar maka trafik juga akan bertambah sehingga pendapatan kita juga tumbuh dan pemudik juga happy," ungkapnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: