Lifestyle

4 Tempat Wisata Alam Kampar yang Memesona dan Memanjakan Mata Saat Liburan

Tempat Wisata Kampar - Terdapat empat (4) tempat wisata alam Kampar yang memesona dan meanjakan mata saat liburan.

Kampar adalah sebuah wilayah kabupaten yang berada di Provinsi Riau, Indonesia.

Di samping julukan sebagai Bumi Sarimadu, ibu kotanya adalah Bangkinang ini juga dikenal dengan julukan Serambi Mekkah di provinsi Riau.

Kabupaten ini memiliki luas 11.289,28 km² atau 12,26 persen dari luas provinsi Riau dan jumlah penduduk berdasarkan data Kementerian Dalam Negeri tahun 2022 berjumlah 895.000 jiwa.

BACA JUGA:

Kabupaten Kampar memiliki kawasan situs purbakala yang diperkirakan telah ada pada masa Sriwijaya yaitu Candi Muara Takus, kawasan ini selain menjadi kawasan cagar budaya juga menjadi tujuan wisata religi bagi umat Buddha.

Candi Muara Takus terletak di desa Muara Takus, XIII Koto Kampar, Kampar.

Selain itu masyarakat Kampar yang beragama Islam, masih melestarikan tradisi mandi balimau bakasai yaitu mandi membersihkan diri di Sungai Kampar terutama dalam menyambut bulan Ramadan.

Kemudian terdapat juga tradisi Ma'awuo ikan yaitu tradisi menangkap ikan secara bersama-sama (ikan larangan) setahun sekali, terutama pada kawasan Danau Bokuok (Kecamatan Tambang) dan Sungai Subayang di Desa Domo (Kecamatan Kampar Kiri Hulu).

BACA JUGA:

Budaya masyarakat Kampar tidak lepas dari pengaruh Minangkabau, yang identik dengan sebutan Kampar Limo Koto dan dahulunya merupakan bagian dari Pagaruyung.

Limo Koto terdiri dari Kuok, Salo, Bangkinang, Air Tiris dan Rumbio.

Terdapat banyak persukuan yang masih dilestarikan hingga kini, termasuk model kekerabatan dari jalur ibu (matrilineal).

Konsep adat dan tradisi persukuannya sama dengan konsep Minang khususnya di Luhak Limopuluah.

BACA JUGA:

Bahasa sehari-hari masyarakat Kampar mirip dengan Bahasa Minangkabau, atau disebut dengan Bahasa Ocu salah satu varian yang mirip dengan bahasa digunakan di Luhak Limopuluah.

Bahasa ini berlainan aksen dengan varian Bahasa Minangkabau yang dipakai oleh masyarakat Luhak Agam, Luhak Tanah Datar maupun kawasan pesisir Minangkabau lainnya.

Di samping itu, Kampar Limo Koto juga memiliki semacam alat musik tradisional yang disebut dengan Calempong dan Oguong.

Meski demikian tak ada salahnya untuk mengetahui empat tempat wisata alam Kampar yang bisa bikin mata begitu teduh.

BACA JUGA:

1. Green Canyon Gumalo


Wisata alam Green Canyon Gumalo, Kampar, Riau.-Screenshot YouTube/JuniEfendri Official-

Green Canyon Gumalo menjadi salah satu tujuan yang tepat bagi Anda yang ingin mendatangi tempat wisata di Kampar terbaru dan populer.

Wisata yang satu ini berlokasi di Jalan Bangkinang Payakumbuh, Batu Bersurat, Kecamatan Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Riau.

Saat berkunjung ke tempat wisata alam yang satu ini, pengunjung dapat melakukan berbagai kegiatan seru salah satunya adalah menyusuri sungai dengan menggunakan perahu.

Banyaknya kebutuhan juga menjadikan tempat wisata yang satu ini tampak semakin menakjubkan.

BACA JUGA:

Bagi pecinta foto, tentu tidak ada salahnya bagi Anda untuk menyempatkan berfoto di berbagai spot menarik dan instagramable yang ditawarkan.

2. Puncak Mahligai Indah


Wisata alam Puncak Mahligai Indah, Kampar, Riau.-Screenshot YouTube/Rony Rambah-

Salah satu tempat wisata di Kampar terbaru yang dikenal banyak didatangi oleh wisatawan adalah Puncak Mahligai Indah.

Tempat wisata yang satu ini bisa Anda kunjungi di daerah Pulau Gadang, Tanjung Alai, Kec. XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Riau.

Tempat wisata yang satu ini dikenal menawarkan pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Pengunjung akan dimanjakan dengan indahnya pepohonan dan gugusan pulau.

BACA JUGA:

Bagi pecinta foto, tempat wisata yang satu ini tentu sangat cocok untuk dikunjungi karena menawarkan banyak spot menarik dan instagramable.

3. Ulu Kasok


Wisata alam Ulu Kasok, Kampar, Riau.-Screenshot YouTube/Video Traveling-

Bagi kalian yang sangat menyukai pemandangan alam maka kalian akan sangat gembira ketika sudah tiba di Ulu Kasok, Kampar.

Bukan hanya menyimpan keindahan tapi tempat yang satu ini akan membuat kalian menjadi lebih tenang.

Kalian bisa menjernihkan pikiran dan memnenangkan batin kalian akibat banyaknya berbagai tekanan pekerjaan yang seolah tidak ada habisnya.

BACA JUGA:

Bagi kalian yang selama ini tiggal di daerah perkotaan dengan pemandangan bangunan tinggi yang mengaggumkan, kalian akan sangat terkejut meilhat pesona Ulu Kasok yang tidak ada duanya.

Jika kalian berkunjung ke Kampar, maka Ulu Kasok adalah tempat yang wajib ada pada daftar wisata kalian.

4. Rimbang Baling


Wisata alam Rimbang Baling, Kampar, Riau.-Screenshot YouTube/ Humas BBKSDA Riau-

Rimbang Baling menjadi salah satu rekomendasi tempat wisata di Kampar terbaru yang menarik untuk kamu kunjungi.

Kawasan ini merupakan suaka margasatwa yang terletak di Jalan Kota Lama, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar, Riau.

BACA JUGA:

Untuk menyusuri kawasan ini, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk sekitar Rp 15.000,- per orang.

Tempat ini dikenal menawarkan pemandangan yang indah serta suasana yang sangat sejuk. Tidak sedikit yang menyebut kawasan ini dengan sebutan surga tersembunyi.

Selain menikmati keindahan alam yang ditawarkan, kamu juga dapat mencoba sensasi menaiki perahu yang dimiliki oleh masyarakat sekitar.

Pengunjung tentu akan mendapat pengalaman baru dan seru saat datang ke tempat wisata yang satu ini.

Admin
Penulis