Salut! IM3 Hadirkan Collabonation X Dengan Gandeng Seniman Lintas Genre Indonesia

Salut! IM3 Hadirkan Collabonation X Dengan Gandeng Seniman Lintas Genre Indonesia

Perwakilan IM3 bersama seluruh personil dari masing-masing kolaborator di penayangan perdana Collabonation X volume 1, 16 Juni 2023.-IM3 Indonesia-

"Dengan semangat Empowering Indonesian Youth, kami yakin Collabonation X dapat menginspirasi generasi muda untuk semakin membuka perspektifnya dalam berkolaborasi untuk bisa menghasilkan lebih banyak karya lainnya yang tidak terduga," tambahnya.

BACA JUGA:

Kolaborasi perdana dari Collabonation X dimulai dengan eksperimen antara Lomba Sihir, yang merupakan musisi dengan genre pop alternatif dan memiliki ragam lagu hitsnya seperti Hati dan Paru-Paru, Mungkin Takut Perubahan, serta Polusi Cahaya, disandingkan dengan SambaSunda, grup musik tradisional asal Bandung yang gaya musiknya banyak dipengaruhi oleh budaya musik tradisi suku Sunda seperti Gamelan dan Degung Sunda.

Kolaborasi yang bertujuan menghasilkan karya audio visual ini semakin diperkuat dengan bergabungnya kolaborator dari sisi visual, yaitu Hebrew Fransa yang lebih dikenal dengan Mas Bruh.

Hebrew Fransa merupakan seorang visual artist yang pernah menghasilkan karya 3D-nya bersama dengan Glass Animals dalam AR (Augmented Reality) Filter di Instagram dan karya mixed media artwork untuk Synchronize Fest.

Karya visual menjadi elemen penting dalam pembuatan suatu karya musik.

BACA JUGA:

Selain menjadi bentuk ekspresi dari lagu tersebut, visual juga dapat digunakan sebagai komunikasi untuk menyampaikan pesan yang tertuang di dalamnya.

Salah satu personil Lomba Sihir Baskara Putra yang turut dalam karya eksperimental ini mengatakan Elemen visual, baik dari album art maupun video clip menjadi bagian yang sangat signifikan dari sebuah karya musik.

"Karena visual yang kuat pasti mampu mengamplifikasikan lagunya," ucap Baskara.

"Inilah yang menjadikan proses kolaborasi di Collabonation X menjadi sebuah eksperimen yang sangat seru bagi kami para pelaku seni," sambungnya.

BACA JUGA:

Melalui kolaborasi yang diwadahi IM3 ini, Lomba Sihir, SambaSunda, dan Hebrew Frasa bereksperimen membawakan karya dan menonjolkan ciri khas masing-masing dari mereka.


Perwakilan IM3 bersama seluruh personil dari masing-masing kolaborator di penayangan perdana Collabonation X volume 1, 16 Juni 2023.-IM3 Indonesia-

Lagu-lagu hasil karya Lomba Sihir ini diaransemen ulang dengan diiringi instrumen musik tradisional dari SambaSunda dan dilengkapi dengan karya visual 3D dari Mas Bruh yang menampilkan konsep full mix media pada setiap lagu yang dibawakan, salah satunya melalui lagu kolaborasi 'Mungkin Takut Perubahan' dengan visual full cityscape Jakarta, sehingga menghasilkan kolaborasi baru yang belum pernah ada sebelumnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tiyo Bayu Nugro

Tentang Penulis

Sumber: