Butet Kartaredjasa Mengaku Diintimidasi, Partai Garuda: Dia Bukan Seniman yang Menakutkan Bagi Pemerintah

Butet Kartaredjasa Mengaku Diintimidasi, Partai Garuda: Dia Bukan Seniman yang Menakutkan Bagi Pemerintah

Butet Kartaredjasa Mengaku Diintimidasi, Partai Garuda: Dia Bukan Seniman yang Menakutkan Bagi Pemerintah--

FIN.CO.ID- Seniman Butet Kartaredjasa mengaku diintimidasi oleh aparat kepolisian saat menggelar pertunjukan bermuatan satir politik di Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta pada Jumat 1 Desember 2023 lalu. 

Tak lama kemudan, pada Sabtu 9 Desember 2023, Butet mengaku nomor WhatsApp pribadinya dilumpuhkan. Hal ini dia umumkan melalui alun Instagramnya @masbutet. 

“HP/WA DILUMPUHKAN. Mulai pagi ini akses komunikasi kepadaku sedang dilumpuhkan. Silakan yang mau kontak ke nomor rumah atau nomor bojo,” tulisnya. 

Menanggapi itu, Wakil Ketua Umum Partai Geruda, Teddy Gusnaidi menilai, Butet tidak bisa menuduh pihak pemerintah yang mengintimidasinya. Sebab tidak ada bukti. 

BACA JUGA:


Nomor HP dan WA Butet Kartaredjasa dilumpuhkan-fin/masbutet-Instagram

"Kalau Butet menuduh bahwa ini intimidasi pemerintah, tentu dia harus merilis bukti, " kata Teddy Gusnaidi, dilansir dari keterangan tertulisnya, Minggu 10 Desember 2023.

Teddy mengatakan, tidak mungkin Pemerintah mengintimidasi Butet. Sebab Butet bukan seniman yang menakutkan bagi Pemerintah. 

"Butet bukanlah seseorang yang diperhitungkan dan menakutkan bagi pemerintah, baik dulu hingga hari ini, jadi kalau sampai dia buat dirinya seolah-olah menakutkan dan diperhitungkan oleh pemerintah, tentu gak masuk akal" kata Teddy Gusnaidi. 

Teddy mengatakan, hingga saat ini tidak ada komika yang mengkritik tajam terhadap pemerintah diintimidasi atau ditangkap. Apalahu Butet yang kritikannya tidak begitu tajam. 

BACA JUGA:

"Para komika terkenal yang omongannya tajam mengkritik pemerintah, sampai detik ini masih bebas bersuara, mosok yang gak tajam diintimidasi?" katanya. 

Menurut dia, Butet dari zaman dulu sampai detik ini bukan orang yang masuk dalam radar pergerakan politik. 

Dalam urusan kritik melalui seni, Butet tidak termasuk dalam seniman yang diperhitungkan kritikannya. Dari setiap rezim butet tidak masuk hitungan.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: