Diduga Ini Penyebab Kecelakaan Kereta Api di India yang Tewaskan 288 Orang

Diduga Ini Penyebab Kecelakaan Kereta Api di India yang Tewaskan 288 Orang

Kecelakaan kereta api di India yang mengakibatkan 288 orang tewas-Stringer-REUTERS via ANTARA

 laporan tersebut menghitung 40 penggelinciran yang melibatkan 33 kereta penumpang dan tujuh kereta barang selama tahun yang ditinjau. dari 17 penggelinciran ini disebabkan oleh kerusakan rel. 

"Hanya sembilan insiden penggelinciran yang disebabkan oleh kerusakan pada kereta - mesin, gerbong, gerbong" menurut laporan tersebut.

 Rel kereta api, terdiri dari logam, mengalami pemuaian selama bulan-bulan musim panas dan kontraksi di musim dingin karena fluktuasi suhu.  

Rel kereta api membutuhkan perawatan rutin - antara lain mengencangkan komponen track yang longgar, mengganti bantalan tidur, dan melumasi serta menyetel sakelar. inspeksi jalur tersebut dilakukan dengan berjalan kaki, dengan troli, lokomotif, dan kendaraan belakang.

Dilansir AFP, Sabtu, 3 Juni 2023, kecelakaan kereta api di Odisha, India Timur ini merupakan kecelakaan kereta api paling mematikan di negara itu sekaligus terparah di dunia dalam lebih dari 20 tahun.

Sebelumnya, pada tahun 1981 kereta tergelincir saat melintasi jembatan di Bihar India jatuh ke sungai di bawahnya. Kecelakaan itu menewaskan antara 800 dan 1.000 orang.

Namun, kecelakaan hari Jumat, 2 Juni 2023 itu diyakini sebagai yang terburuk sejak tahun 1990-an. Hingga kini, sebanyak 288 orang meninggal dunia dan 900 orang luka-luka. (*)

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: