PDIP Kasih Pernyataan Soal Bocornya Putusan MK Sistem Pemilu Proporsional Tertutup

PDIP Kasih Pernyataan Soal Bocornya Putusan MK Sistem Pemilu Proporsional Tertutup

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto.-pdiperjuangan.id-

PDIP Kasih Pernyataan Soal Bocornya Putusan MK Sistem Pemilu Proporsional Tertutup

Dugaan bocornya putusan MK terkait sistem Pemilu proporsional tertutup yang disampaikan Denny Indrayana direspons PDI Perjuangan. 

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyesalkan pernyataan Denny Indrayana yang mengaku mendapat bocoran putusan MK yang menyatakan akan menggunakan sistem proporsional tertutup di Pemilu 2024. 

Hasto mengatakan, seiring berkembangnya pemberitaan tersebut di media massa, sehingga mengakibatkan spekulasi politik di kalangan masyarakat.

"Kami sangat menyesalkan pernyataan Bapak Denny Indrayana yang tanpa menyebut sumber yang jelas, kemudian telah menciptakan suatu spekulasi politik," kata Hasto di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Senin 29 Mei 2023. 

BACA JUGA:Kapolri Respons Bocornya Putusan MK Sistem Pemilu Proporsional Tertutup: Siap Lakukan Penyelidikan

Hasto pun menanggapi tuduhan mantan WamenkumHAM Denny Indrayana yang menyebut putusan sistem proporsional tertutup itu merupakan bagian dari skenario politik tertentu.

Secara tegas Hasto mengatakan jika Presiden Jokowi tidak pernah sama sekali membuat skenario politik lewat gugatan sistem pemilu di MK.

Dalam kesempatan tersebut, Hasto meminta kepada Denny untuk mengungkap sumber informasinya terkait bocornya putusan MK terkait sistem proporsional tertutup. 

"Sebaiknya beliau mempertanggungjawabkan siapa sumber yang disebutkan, yang telah menciptakan suatu spekulasi politik yang tidak perlu," kata Hasto.

BACA JUGA:Siapa Orang yang Membocorkan Putusan MK Terkait Sistem Pemilu Proporsional Tertutup Dicari Mahfud MD

Hasto meminta masyarakat untuk menunggu MK menggelar sidang putusan atas gugatan uji materi sistem proporsional terbuka tersebut.

Hasto juga mengatakan, jika PDIP siap mengikuti Pemilu 2024 baik dengan sistem proporsional terbuka maupun sistem proporsional tertutup.

Hal ini sesuai dengan pernyataan PDIP yang kami mendorong proporsional tertutup. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: