Mahfud MD Ungkap 985 Tower BTS 4G Kominfo Mangkrak

Mahfud MD Ungkap 985 Tower BTS 4G Kominfo Mangkrak

Menko Polhukam Mahfud MD.-kemenkopolhukam.go.id-

Mahfud MD Ungkap 985 Tower BTS 4G Kominfo Mangkrak

MENTERI Koordinator Bidang Poltik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengungkapkan, ada sekitar 985 tower proyek base transceiver station (BTS) 4G mangkrak. 

Hal ini yang menjerat Menteri Komunikasi dan Infromatika (Menkominfo) Johnny G Plate dalam kasus dugaan korupsi proyek tersebut.

Menurut Mahfud MD, ratusan tower mangkrak itu diketahui setelah Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) melakukan pemeriksaan melalui pantauan udara satelit.

"Tiang itu dilihat oleh satelit oleh BPKP. Kan hanya ada 985 itu pun semua yang dijadikan sampel tak ada, hanya barang-barang mati. Mangkrak dan belum ada barangnya," ujar Mahfud saat ditemui di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis 17 Mei 2023.

Mahfud MD mengatakan, proyek BTS Kominfo ini memiliki anggaran sebesar Rp28 Triliun yang akan dikeluarkan hingga tahun 2024. Proyek ini dimulai sejak tahun 2020.

Mahfud menjelaskan, pemerintah telah mencairkan Rp10 triliun untuk pembangunan tower BTS dengan target 1.200 tower dengan jangka waktu 2020 sampai 2021, namun tower BTS 4G itu tak kunjung dibangun hingga akhir 2021, kemudian diperpanjan sampai dengan Maret 2023.

BACA JUGA:Mahfud MD Ungkap Pernyataan Tegas Usai Johnny G Plate Tersangka Korupsi, Begini Katanya...

BACA JUGA:Natalius Pigai Bongkar Sikap Arogan Johnny G Plate: Saya Pernah Ditarik dan Dibentak di Hadapan Jokowi

Dari 4.800 tower yang ditargetkan hingga tahun 2023 itu, hanya terdapat 985 tower namun tak bisa digunakan alias mangkrak.

"Kemudian semula dihitung kerugian oleh kejaksaan sekitar satu koma sekian triliun, tapi oleh BPKP turun tangan, diperiksa itu ternyata mulai dari perencanaan, penunjukan konsultan, penunjukan barang, mark-up dan sebagainya itu lah itu yang kemudian dijadikan alasan," kata dia.

Menkominfo Johnny G Plate Jadi Tersangka Kasus Proyek BTS

Kejaksaan Agung menetapkan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate sebagai tersangka kasus korupsi dan pencucian uang dalam penyediaan infrastruktur Base Transceiver Station (BTS) 4G.

Johnny G Plate diperiksa sebagai saksi oleh Kejagung pada Rabu 17 Mei 2023. Hanya beberapa jam, politikus Partai NasDem itu langsung keluar dengan mengenakan rompi orange. 

BACA JUGA:Reshuffle Kabinet, Surya Paloh Tak Akan Ajukan Kader NasDem Gantikan Johnny G Plate

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: