Mahfud MD Ungkap Pernyataan Tegas Usai Johnny G Plate Tersangka Korupsi, Begini Katanya...

Mahfud MD Ungkap Pernyataan Tegas Usai Johnny G Plate Tersangka Korupsi, Begini Katanya...

Menko Polhukam Mahfud MD.-kemenkopolhukam.go.id-

Mahfud MD Ungkap Pernyataan Tegas Usai Johnny G Plate Tersangka Korupsi, Begini Katanya... 

MENTERI Koordinator Bidang Politik dan Hukum Keamanan (Menkopolhukam), Mahfud MD mengapresiasi Kejaksaan Agung (Kejagung) atas penetapan tersangka Menkominfo Johnny G Plate. 

Menkominfo Johnny Plate yang juga merupakan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Nasdem ini ditetapkan sebagai tersangka dalan kasus dugaan korupsi penyediaan infrastruktur Base Transceiver Station (BTS) 4G dan infrastruktur pendukung paket 1, 2, 3, 4, dan 5 BAKTI Kominfo Tahun 2020-2022.

"Terkait penetapan tersangka dan penahanan kepada Pak Johnny G. Plate, yang dilakukan Kejaksaan Agung, harus dipahami bukan hanya sesuai hukum tetapi keharusan hukum. Kasus ini sudah cukup lama digarap oleh Kejaksaan dengan sangat hati-hati," kata Mahfud MD lewat keterangan tertulis, dikutip Kamis 18 Mei 2023.

BACA JUGA:Soal Penembakan Bahar Smith, Mahfud MD: Biar Diperiksa Polisi Dulu, Di Mana Luka Tembaknya

BACA JUGA:Mahfud MD Tegaskan Tak Ada Istilah Restorative Justice dalam Kasus Perdagangan Orang

Menurut Mahfud MD, kasus tersebut telah diselidiki sejak lama dan secara cermat karena selalu akan dituding politisasi hukum apalagi di tahun politik saat ini. 

"Keliru sedikit saja, bisa dituduh politisasi hukum di tahun politik" kata Mahfud MD. 

Mahfud MD menyebut, dua alat bukti cukup untuk Kejaksaan menjadikan seseorang sebagai tersangka. Sehingga tidak ada alasan untuk menunda penetapan tersangka. 

"Jika suda ada dua alat bukti yang cukup kuat dan masih ditunda-tunda dengan alasan untuk menjaga kondusivitas politik, maka itu bertentangan dengan hukum" ujarnya. 

"Jika sudah cukup dua alat bukti, memang sudah seharusnya status hukumnya ditingkatkan" kata dia. 

"Jadi, yakinlah dan tunggu saja proses peradilan atas kasus yang dihadapi Pak Plate ini. Sebagai Menko Polhukam, saya akan terus mencermati dan ikut mens awal" pungkas Mahfud. (*) 

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: