Tilang Manual Kembali Diberlakukan, Polda Metro Jaya: Sama Saja Tak Perlu Dipersoalkan

Tilang Manual Kembali Diberlakukan, Polda Metro Jaya: Sama Saja Tak Perlu Dipersoalkan

Ilustrasi tilang.--NTMC Polri

Tilang Manual Kembali Diberlakukan, Polda Metro Jaya: Sama Saja Tak Perlu Dipersoalkan - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya kembali memberlakukan tilang manual. 

Tilang manual akan diberlakukan terhadap pelanggar lalu lintas yang membahayakan.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman meminta masyarakat tak perlu mempersoalkan kembali diberlakukannya tilang manual.

Menurutnya tilang manual atau tilang elektronik (Electronic Traffic Law Enforcement/ ETLE)  memiliki tujuan yang sama, yaitu keamanan dan keselamatan berlalu lintas.

 BACA JUGA:

"Tilang elektronik ataupun manual ini sebetulnya tidak perlu dipersoalkan dan tidak perlu dipermasalahkan. Karena aturan ini adalah untuk mengedukasi kita agar aman di jalan, " katanya di Gedung Promoter Polda Metro Jaya, Selasa, 16 Mei 2023.

Dijelaskannya kebijakan diberlakukan kembali tilang manual bukan tidak konsisten tetapi adanya beberapa evaluasi yang dilakukan.

"Ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk saling mendukung antara tilang elektronik dan tilang manual, namun kita tetap berkomitmen akan mengembangkan tilang elektronik sambil menunggu kelengkapan sistem yang ada, " ucapnya.

Latif menyampaikan tilang elektronik memang masih butuh dukungan dari sistem tilang manual karena permasalahan jangkauan area wilayah.

 BACA JUGA:

"Ada beberapa ruas jalan yang belum terjangkau oleh tilang elektronik, " katanya.

Latif juga menyampaikan bahwa jajarannya tetap mengutamakan penindakan tetapi tidak semuanya dilakukan tilang.

"Konotasi penindakan jangan diartikan penilangan, Ditlantas itu ada tahapan menggunakan isyarat, kode. Misalnya membunyikan peluit, menunjuk pelanggar, itu juga sudah namanya menindak, " ucapnya.

Latif juga menyampaikan telah menyiapkan sejumlah pencegahan agar anggota di lapangan tidak dapat 'bermain' dengan pengendara di lapangan saat penilangan.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: