Bukan Cuma Elektabilitas, Ini Alasan Ganjar Ditetapkan Sebagai Capres PDI Perjuangan

Bukan Cuma Elektabilitas, Ini Alasan Ganjar Ditetapkan Sebagai Capres PDI Perjuangan

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri memakaikan kopiah hitam kepada Ganjar Pranowo, sebagai Kader Partai yang ditugasi menjadi Capres pada Pemilu 2024-Tangkapan layar-YouTube PDI Perjuangan

Bukan Cuma Elektabilitas, Ini Alasan Ganjar Ditetapkan Sebagai Capres PDI Perjuangan - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo resmi diusung PDI Perjuangan sebagai calon presiden (Capres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Penetapan Ganjar sebagai Capres, menurut pengamat Politik Universitas Airlangga (Unair), Airlangga Pribadi Kusman tidak hanya dilihat dari elektabilitas.

Dia menilai Ganjar dipilih karena telah lulus ujian komitmen, loyalitas dan arah ideologi kepada PDI Perjuangan.

"Di sini Ganjar agaknya dipandang memenuhi ujian tersebut," katanya dalam keterangan tertulisnya di Surabaya, Kamis, 21 April 2023.

BACA JUGA:

Diungkapkannya, keputusan Ganjar sebagai capres, sempat ditandai berbagai dinamika politik, ketika Megawati tidak segera mengumumkan kandidat presiden dari PDI Perjuangan dengan segera.

Berbagai opini menganggap bahwa hal tersebut memperlihatkan Megawati telah berpaling dari Ganjar Pranowo. 

Namun demikian pilihan Ketua Umum PDI Perjuangan kepada kader partainya Ganjar Pranowo sepertinya berdasarkan atas beberapa alasan.

Pertama, dalam pertimbangan dari Ketum PDI Perjuangan Megawati Sukarnoputri pilihan atas kandidat Presiden tidak hanya sekedar mempertimbangkan pada elektabilitas namun lebih dari sekedar itu ada ujian lagi yakni komitmen terhadap arahan partai politik dan loyalitas ideologis sebagai kriteria utama dalam memilih kandidat presiden oleh PDI Perjuangan.

BACA JUGA:

Seperti dalam perkembangan berbagai survei kurang lebih satu tahun belakangan ini terkait pilpres 2024 Ganjar Pranowo berada pada posisi tiga teratas dan bahkan dalam beberapa waktu berada pada posisi dengan elektabilitas tertinggi.

"Hal itu menjadi catatan, namun bukan menjadi kriteria paling utama bagi Megawati Sukarnoputri dalam memilih capres," ujarnya.

Ujian komitmen dan loyalitas kepada partai politik dan arah ideologi yang menjadi penentu siapa yang akan dipilih menjadi kandidat capres. Disini Ganjar agaknya dipandang memenuhi ujian tersebut.

Saat PDI Perjuangan tidak mengumumkan kandidat presidennya, Ganjar Pranowo terlihat mampu menahan diri untuk tidak segera merapatkan diri pada partai-partai lain yang hendak “melamar” dirinya atau menguatkan sinyal dari partai lain untuk mengusung dirinya sebagai capres, sebelum ada keputusan dari PDI Perjuangan.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: