Profil Ganjar Pranowo yang Resmi Diumumkan Jadi Capres PDIP

Profil Ganjar Pranowo yang Resmi Diumumkan Jadi Capres PDIP

Sesi foto bersama Presiden Jokowi (kiri), Megawati (tengah) dan Ganjar Pranowo dalam pengumuman Capres PDIP pada Jumat, 21 April 2023-@pdiperjuangan-instagram

Profil Ganjar Pranowo yang Resmi Diumumkan Jadi Capres PDIP - Berikut ini adalah profil Ganjar Pranowo yang resmi diumumkan jadi calon presiden (capres) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Ketua umum PDIP Megawati Sukarnoputri resmi mengusung Ganjar Pranowo kadi Pilihan Presiden 2024 di Istana Batutulis, Bogor pada Jumat, 21 April 2023.

Pengumuman capres PDIP ini rencananya turut dihadiri Presiden Jokowi, Prananda Prabowo, Puan Maharani, Olly Dondokambey, Hasto Kristiyanto dan Ganjar Pranowo.

"Menetapkan saudara Ganjar Pranowo sekarang Gubernur Jateng sebagai kager dan etugas partai untuk ditingkatkan penugasan sebagai calon Presiden RI dari PDIP ," ucap Megawati.

Maka dari itu tidak ada salahnya untuk menyimak profil singkat Ganjar Pranowo yang dilansir dari berbagai sumber

BACA JUGA:

Profil Ganjar Pranowo


Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri memakaikan kopiah hitam kepada Ganjar Pranowo, sebagai Kader Partai yang ditugasi menjadi Capres pada Pemilu 2024-Tangkapan layar-YouTube PDI Perjuangan

Ganjar Pranowo lahir pada 28 Oktober 1986, ia adala seorang politisi yang kini menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah. 

Sebelumnya, ia merupakan anggota Dewan Perwakilan Rakyat dari Fraksi PDI Perjuangan periode 2004-2009 dan 2009-2013.

Ganjar dianggap sebagai sosok yang religius dan mencintai ulama, ia memikili tim relawan yang kerap menyumbanglan pengeras suara ke masjid-masjid, pondok pesantren, dan majelis taklim. Selain itu ia kembangkan rumah sakit halal di Jawa Tengah.

Kehidupan Awal Ganjar

Ganjar Pranowo dilahirkan dari keluarga sederhana di sebuah desa di lereng Gunung Lawu, Karanganyar dari ayah bernama Parmudji Pramudi Wiryo dan ibu bernama Sri Suparni. Lahir dengan nama Ganjar Sungkowo.

Ia merupakan anak kelima dari enam saudara, yakni Pri Kuntasi, Pri Pambudi Teguh, Pri Jadi Joko Prasetyowati, dan Nur Hidayatai.

Ayah Ganjar Pranowo merupakan seorang polisi dan sempat ditugaskan dalam operasi penumpasan gerakan PRRI di Sumatra Tengah (Sumatra Barat, Riau, dan Jambi sekarang). Pemberian nama “Pri” kepada tiga saudara Ganjar lantaran sang ayah tiga kali turun ke medan operasi penumpasan PRR.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Ari Nur Cahyo

Tentang Penulis

Sumber: