Ganjar Pranowo Capres PDIP, Prabowo Atau Tokoh NU Bakal Jadi Cawapresnya

Ganjar Pranowo Capres PDIP, Prabowo Atau Tokoh NU Bakal Jadi Cawapresnya

Presiden RI Joko Widodo didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meninjau lokasi panen raya padi di Kebumen, Jateng, Kamis (9/3/2023). -Biro Pers Setpres-

Ganjar Pranowo Capres PDIP, Prabowo Bakal Jadi Cawapresnya - PDI Perjuangan (PDIP) telah mengumumkan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (Capres) yang akan diusung pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Dengan dipilihnya Ganjar Pranowo sebagai Capres ada potensi Prabowo Subianto akan menjadi pendampingnya sebagai calon wakil presiden (Cawapres).

Hal tersebut diungkapkan Pengamat Politik M Qodari.

Diungkapkan Direktur Eksekutif Indo Barometer tersebut, PDIP kemungkinan akan bergabung dengan koalisi besar bentukan Koalisi Indonesia Bersatu/KIB (Golkar-PPP-PAN) dan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya/KKIR (Gerindra-PKB).

BACA JUGA:Jokowi Apresiasi Megawati Tunjuk Ganjar sebagai Capres PDIP: Sangat Ideologis

Dengan bergabungnya PDIP, maka koalisi besar tinggal mencari bakal calon wakil presiden (cawapres) untuk Ganjar Pranowo.

"(Jika bergabung) PDIP menawarkan Ganjar sebagai capres. Mungkin jika Prabowo mau jadi wapres Ganjar," katanya, Jumat, 21 April 2023.

Namun, jika tak bergabung dengan Koalisi Besar, dia menilai PDIP akan mengambil sosok yang berasal dari Nahdlatul Ulama (NU).

"Dugaan saya PDI perjuangan akan mencari calon wapres dari layar belakang NU, yang artinya berasal dari luar PDI-P, tapi  semua ini kan kita tunggu kepastian," katanya.

Ganjar Pranowo Capres PDI Perjuangan

Bertepatan pada peringatan Hari Kartini yang jatuh pada 21 April hari ini, Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengumumkan bahwa Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo Capres PDIP pada Pemilu 2024. 

Pengumuman capres PDIP ini rencananya turut dihadiri Presiden Jokowi, Prananda Prabowo, Puan Maharani, Olly Dondokambey, Hasto Kristiyanto dan Ganjar Pranowo.

"Pada jam 13.45, dengan mengucap bismillahrohmannirohim, menetapkan saudara Ganjar Pranowo sekarang Gubernur Jateng sebagai kader dan petugas partai untuk ditingkatkan penugasan sebagai calon presiden RI dari PDIP," ujar Megawati dalam Rapat DPP Partai Ke-140 Diperluas Tiga Pilar di Istana Batu Tulis, Bogor, Jawa Barat yang ditayangkan secara daring, Jumat 21 April 2023. 

Melansir wikipedia, pria kelahiran 28 Oktober 1968 sebelumnya adalah anggota Dewan Perwakilan Rakyat (PDR) dari Fraksi PDI PDIP periode 2004–2009 dan 2009–2013.

BACA JUGA:

  1. Megawati Dikabarkan Umumkan Nama Ganjar sebagai Capres PDIP Siang Ini
  2. Skenario Koalisi Besar di Tangan PDIP, Ganjar, Prabowo Atau?
  3. Survei Elektabilitas Capres: Prabowo Subianto Teratas, Ganjar Pranowo Anjlok Gegara Tolak Israel
  4. Survei LSI Terbaru Elektabilitas Ganjar Anjlok, Buntut Gagalnya Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20?

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: